Kompas.com - 06/03/2014, 14:11 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Menjelang masa akhir finalisasi kesepakatan akuisisi antara Microsoft dan Nokia, beredar kabar, pada awalnya Bill Gates dan dewan direksi Microsoft, termasuk CEO baru Satya Nadella, tidak setuju akan rencana tersebut.

Laporan tersebut diungkap oleh Bloomberg Businessweek, Rabu (5/3/2014), yang menulis soal "keramaian" di balik suksesi kepemimpinan di Microsoft, termasuk drama tentang keputusan pembelian divisi perangkat dan layanan Nokia tersebut.

Dalam laporan tersebut ditulis, dewan direksi Microsoft terbelah dua, di mana mantan CEO Steve Ballmer menyetujui rencana pembelian Nokia tersebut, sementara Bill Gates dan beberapa anggota direksi lain yang tidak disebut namanya menentang rencana tersebut.

CEO baru Microsoft, Satya Nadella, juga termasuk yang tidak setuju dengan rencana akuisisi tersebut. Namun, belakangan Nadella dilaporkan mengubah pendiriannya.

"Nokia memiliki pengalaman mendalam tentang hardware, software, desain, dan rantai suplai global, serta memiliki pemahaman dan koneksi yang banyak di pasar mobile," terang Nadella. "Jadi, ini adalah langkah yang tepat bagi Microsoft," imbuhnya.

Menurut Bloomberg, saat itu sebagian direksi menolak rencana akuisisi dengan alasan harganya terlalu mahal dan prosesnya terlalu rumit. Divisi perangkat dan layanan Nokia saat itu juga dianggap tidak dibutuhkan oleh Microsoft.

Perbedaan antara Ballmer dan direksi yang lain mencapai puncaknya pada Juni 2013 lalu. Dalam sebuah pertemuan, Ballmer mengatakan jika rencananya tersebut tidak direstui, dia akan mundur dari jabatan CEO.

Saat itu, Ballmer, dikabarkan oleh sumber Bloomberg, sampai berteriak-teriak histeris di ruangan pertemuan hingga suaranya terdengar dari luar ruangan.

Pada akhirnya, rencana Ballmer mendapat persetujuan dari direksi Microsoft. Microsoft pun menandatangani kesepakatan dengan Nokia senilai 7,2 miliar dollar AS.

Namun, hubungan antara Ballmer dan direksi lain sudah tidak harmonis lagi. Ballmer pun kemudian diminta untuk mengundurkan diri dari jabatan CEO lebih cepat dari yang direncanakannya.

Akuisisi Microsoft terhadap Nokia direncanakan bisa selesai pada kuartal pertama tahun ini, atau April 2014.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.