Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Gates Tolak Nokia, CEO Microsoft Histeris

Kompas.com - 06/03/2014, 14:11 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Menjelang masa akhir finalisasi kesepakatan akuisisi antara Microsoft dan Nokia, beredar kabar, pada awalnya Bill Gates dan dewan direksi Microsoft, termasuk CEO baru Satya Nadella, tidak setuju akan rencana tersebut.

Laporan tersebut diungkap oleh Bloomberg Businessweek, Rabu (5/3/2014), yang menulis soal "keramaian" di balik suksesi kepemimpinan di Microsoft, termasuk drama tentang keputusan pembelian divisi perangkat dan layanan Nokia tersebut.

Dalam laporan tersebut ditulis, dewan direksi Microsoft terbelah dua, di mana mantan CEO Steve Ballmer menyetujui rencana pembelian Nokia tersebut, sementara Bill Gates dan beberapa anggota direksi lain yang tidak disebut namanya menentang rencana tersebut.

CEO baru Microsoft, Satya Nadella, juga termasuk yang tidak setuju dengan rencana akuisisi tersebut. Namun, belakangan Nadella dilaporkan mengubah pendiriannya.

"Nokia memiliki pengalaman mendalam tentang hardware, software, desain, dan rantai suplai global, serta memiliki pemahaman dan koneksi yang banyak di pasar mobile," terang Nadella. "Jadi, ini adalah langkah yang tepat bagi Microsoft," imbuhnya.

Menurut Bloomberg, saat itu sebagian direksi menolak rencana akuisisi dengan alasan harganya terlalu mahal dan prosesnya terlalu rumit. Divisi perangkat dan layanan Nokia saat itu juga dianggap tidak dibutuhkan oleh Microsoft.

Perbedaan antara Ballmer dan direksi yang lain mencapai puncaknya pada Juni 2013 lalu. Dalam sebuah pertemuan, Ballmer mengatakan jika rencananya tersebut tidak direstui, dia akan mundur dari jabatan CEO.

Saat itu, Ballmer, dikabarkan oleh sumber Bloomberg, sampai berteriak-teriak histeris di ruangan pertemuan hingga suaranya terdengar dari luar ruangan.

Pada akhirnya, rencana Ballmer mendapat persetujuan dari direksi Microsoft. Microsoft pun menandatangani kesepakatan dengan Nokia senilai 7,2 miliar dollar AS.

Namun, hubungan antara Ballmer dan direksi lain sudah tidak harmonis lagi. Ballmer pun kemudian diminta untuk mengundurkan diri dari jabatan CEO lebih cepat dari yang direncanakannya.

Akuisisi Microsoft terhadap Nokia direncanakan bisa selesai pada kuartal pertama tahun ini, atau April 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com