Menjajal A6000, Mirrorless "Terkencang" dari Sony

Kompas.com - 09/03/2014, 10:57 WIB
Sony a6000 oik yusuf/ kompas.comSony a6000
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Sony a6000

KOMPAS.com - Sony telah meluncurkan kamera mirrorless terbarunya, a6000 di Indonesia. Produk ini diklaim memiliki kinerja autofokus terkencang di dunia dengan catatan angka hanya 0,06 detik.

Bersama dengan sang "adik", a5000, kamera ini menandai berakhirnya brand NEX untuk produk kamera mirrorless APS-C dari Sony, digantikan dengan prefix "a" (Alpha) dan nomer model empat digit.

Kompas Tekno sempat menjajal a6000 dan membandingkannya dengan Sony NEX-6. Apa saja peningkatan yang dibawa oleh a6000 dibanding kamera yang digantikannya itu? Ikuti penelusuran singkatnya berikut ini.

Gabungan dua model?

Sony terlihat menerapkan sedikit perubahan pada konsep desain a6000. Tubuh kamera ini dihiasi garis-garis tegas yang cenderung kaku, membuatnya terlihat lebih "kotak" dibanding NEX-6. Finishing yang diterapkan berupa cat matte mulus tanpa motif, berbeda dari NEX-6 yang mengusung spatter-paint finish.

oik yusuf/ kompas.com
Perbandingan tampak depan a6000 (kiri) dan NEX-6

Seorang representatif Sony sempat menyebutkan bahwa a6000 sebenarnya adalah penerus NEX-6 dan NEX-7 sekaligus, sementara a5000 menggantikan dua seri NEX-5 dan NEX-3.

Entah memang demikian atau bukan, yang jelas, dengan dua buah kenop di sisi atas yang sekilas tampak seperti tri-navi dials, a6000 pun terlihat lebih mirip dengan NEX-7 daripada NEX-6.

oik yusuf/ kompas.com
Perbandingan tampak atas a6000 (kanan) dan NEX-6 

Kedua kenop tadi sebenarnya sama dengan komponen serupa pada NEX-6. Hanya saja peletakannya berbeda. NEX-6 menumpuk exposure mode dial dan command wheel, sementara a6000 memisahkannya. Fungsi kedua kenop tersebut pada a6000 sudah ditentukan sehingga tak bisa diganti-ganti dengan bebas seperti pada NEX-7.

Mode dial a6000 kini memuat pilihan "Recall Memory" atau disingkat RM (mode custom) yang bisa dipakai untuk menyimpan setelan parameter pengguna. Sony juga memperkecil ukuran kedua kenop sehingga sisi atas a6000 masih memiliki ruang cukup untuk memuat unit flash terintegrasi.

oik yusuf/ kompas.com Unit flash milik a6000

Flash mungil yang memiliki guide number 6 (ISO 100) ini memiliki engsel yang bisa ditekuk ke belakang untuk memantulkan cahaya ke langit-langit.

Cara mengeluarkan flash tersebut tetap sama, yaitu melalui tombol mekanik di sisi belakang kamera yang terasa lebih mudah ditekan dibanding tombol serupa pada NEX-6.

Apabila dulu pengguna sampai harus menggunakan kuku jari untuk mengakses flash NEX-6, maka flash milik a6000 bisa diaktifkan dengan sedikit menekan saja.

a6000 memiliki jumlah tombol yang sama dengan NEX-6, hanya saja alokasi fungsi dan labelnya sedikit berbeda.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X