Review: Acer Liquid Z5, Android dengan Tombol "Selfie"

Kompas.com - 10/03/2014, 11:36 WIB
Acer Liquid Z5 Oik Yusuf/Kompas.comAcer Liquid Z5
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Istilah “selfie” atau aktivitas memotret diri sendiri tanpa bantuan orang lain menjadi tren sejak 2013. Tren ini tak lepas dari keinginan pengguna ponsel untuk memotret dirinya sendiri serta ketersediaan beragam ponsel canggih untuk melakukan selfie.

Salah satu produsen ponsel yang mendukung tren selfie adalah Acer melalui produk Liquid Z5. Ponsel ini dipasarkan di Indonesia sejak akhir Februari 2014 dengan harga Rp 2,3 juta.

Liquid Z5 tampil cukup baik jika dilihat dari desain fisiknya. Ketebalannya hanya 8,8mm dan bobotnya juga ringan lantaran terbuat dari materi plastik. Tampilan luarnya dipercantik dengan dua speaker dengan teknologi Dolby DTS di sisi atas dan bawah layar. Sementara panel belakangnya diberi warna abu-abu.

Oik Yusuf/Kompas.com
Layar Acer Liquid Z5
Oik Yusuf/Kompas.com
Ketebalan Acer Liquid Z5
Dengan banderol harga yang terjangkau, Liquid Z5 jelas hanya dibekali spesifikasi komponen kelas menengah ke bawah. Layarnya memang berukuran besar, tetapi hanya mendukung resolusi 854 x 480 pixel yang membuat tampilan teks atau gambar tidak cemerlang.

Prosesor yang digunakan adalah MediaTek MT6572 1,3GHz jenis dual-core Cortex-A7. Lalu ada unit prosesor grafis Mali-400, RAM 512MB, memori internal 4GB yang dapat diperluas dengan kartu Micro SD hingga 32GB, baterai 2.000mAh, dan berjalan dengan sistem operasi Android 4.2 (Jelly Bean).

Oik Yusuf/Kompas.com
Speaker atas
Oik Yusuf/Kompas.com
Speaker bawah
Komponen ini tidak membuat Liquid Z5 sebagai ponsel yang tangguh. Ia boleh gegas ketika sekadar digunakan untuk berpindah halaman atau berselancar internet. Namun, jika dipakai untuk membuka banyak aplikasi atau memainkan game kelas berat, Liquid Z5 kewalahan dan gagap.

Tombol selfie

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Satu hal yang menarik dari Liquid Z5 adalah keberadaan tombol untuk memotret diri sendiri. Tombol yang terintegrasi dengan fitur AcerRapid itu berada di bawah unit kamera bagian belakang.

Oik Yusuf/Kompas.com
Tombol
Selain untuk memotret, tombol tersebut juga berfungsi untuk menerima panggilan telepon atau sebagai jalan pintas ke sebuah aplikasi favorit, seperti pemutar musik, browser, kalkulator, email, Facebook, hingga YouTube.

Jika pengguna menekan tombol tersebut selama kurang lebih 2 sampai 3 detik, otomatis akan masuk ke fitur kamera.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X