Kompas.com - 11/03/2014, 10:23 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Apple merilis pembaruan sistem operasi mobile, iOS 7.1, pada Selasa (11/3/2014). Dalam update software ini, Apple menghadirkan beberapa perubahan dari segi tampilan, penambahan fitur baru, dan penambalan celah-celah berbahaya.

Salah satu fitur baru yang dihadirkan adalah CarPlay. Fitur yang diperkenalkan untuk pertama kalinya pada ajang Geneva International Motor Show ini merupakan antarmuka yang menghubungkan ponsel pintar iPhone dengan mobil untuk menjalankan berbagai fungsi informasi dan hiburan dalam kendaraan, seperti mengganti saluran radio atau mengakses layanan perintah suara Siri.

Untuk saat ini, fitur tersebut hanya bisa digunakan di perangkat iPhone 5, 5S, dan 5C saja. Sementara, beberapa pabrikan, seperti Ferrari, Honda, Hyundai, Mercedes-Benz, dan Volvo, telah menyatakan akan merilis mobil yang telah mendukung fitur CarPlay tersebut.

Apple juga meningkatkan kemampuan dari Siri dalam update iOS 7.1. Kini, pengguna akan mendengar suara Siri yang lebih natural saat berbicara bahasa Mandarin, Inggris UK, Inggris Australia, dan Jepang.

Selain itu, seperti dikutip dari PhoneArena, Siri mampu mengenali kapan pengguna selesai menggunakan fitur perintah berbasis suara tersebut. Cukup tekan tombol Home saat ingin menggunakan, kemudian lepas tombol tersebut setelah selesai memanfaatkan fitur Siri.

Sebelumnya, Siri akan menganggap pengguna selesai menggunakan fitur ini setelah tidak berbicara selama beberapa detik.

Apple meningkatkan kemapuan TouchID, sensor pemindai sidik jari, yang terdapat di iPhone 5S. Kini, sensor tersebut diklaim dapat lebih baik mengenali sidik jari penggunanya ketimbang di sistem operasi versi sebelumnya.

Ada peningkatan kemampuan di sisi kamera. Kini, kamera secara otomatis akan menghidupkan fitur HDR saat dibutuhkan. Sayangnya, fitur ini hanya mampu bekerja di iPhone 5S.

Apple menghadirkan beberapa perubahan dari segi desain. Salah satunya, Apple kini memberikan pilihan untuk menebalkan huruf yang ada di keyboard. Tampilan saat melakukan atau menerima panggilan juga telah diperbarui.

Adapun, iOS 7.1 ini dapat diunduh langsung dari perangkat mobile pengguna (over the air/OTA) ataupun dengan cara menghubungkan perangkat mobile ke komputer pribadi Mac atau Windows melalui perangkat lunak iTunes.

Setidaknya, iOS 7 dapat dipasang pada perangkat iPhone 4/4S/5, iPad 2/3/4, iPad Mini, dan iPod touch generasi kelima. Besarnya file update ini adalah sebesar 214 MB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.