Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Jual Kantor dan Cuma Jadi Penyewa

Kompas.com - 11/03/2014, 16:41 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Setelah berencana menjual mayoritas aset perusahaan yang ada di Kanada, BlackBerry kini juga berencana menjual aset-asetnya yang ada di Amerika Serikat, salah satunya adalah gedung kantor yang berada di Irving, Texas.

Walau besaran nilai penjualan gedung tidak dirinci, situs Berry Review pada Senin (10/3/2014) memastikan kabar penjualan tersebut.

Perusahaan investasi Kanada, Brookfield Property Group, dikabarkan akan mengambil alih kepemilikan bangunan seluas 460.000 meter persegi itu.

Gedung yang selama ini menjadi pusat operasi BlackBerry di Amerika Serikat tersebut dibeli pada tahun 2009. Namun, seiring dengan reformasi di tubuh BlackBerry dan untuk menyelamatkan neraca keuangan perusahaan, BlackBerry terpaksa harus menjual aset-asetnya.

Walau aset-asetnya telah berpindah tangan, BlackBerry akan tetap berkantor di gedung tersebut. Hanya, statusnya berubah dari pemilik menjadi penyewa.

BlackBerry juga berencana memindahkan lokasi pusat bisnisnya agar mudah dijangkau oleh klien mereka yang paling membutuhkan layanan BlackBerry.

Sebelumnya, pada Januari lalu, BlackBerry juga dikabarkan menjual aset properti mereka di Waterloo, Kanada. Menurut analis, dari penjualan aset bangunan di Kanada tersebut, BlackBerry bisa mengumpulkan dana antara 600 juta dollar AS dan 700 juta dollar AS.

Dengan menjual properti, BlackBerry juga bisa memangkas pengeluaran lain yang tidak dibutuhkan, serta fokus pada pasar negara berkembang dan konsumen di segmen enterprise.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com