Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Dipanggang", MacBook Rusak Hidup Kembali

Kompas.com - 12/03/2014, 17:24 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR
MacBook Pro milik Ales Kocjancic di dalam oven

KOMPAS.com — Banyak macam kerusakan yang bisa menimpa komputer, banyak pula cara yang bisa ditempuh untuk memperbaikinya. Namun, yang dilakukan oleh pengembang aplikasi bernama Ales Kocjancic ini memang bikin geleng-geleng kepala.

Alkisah, sebagaimana diceritakan oleh BGR, Kocjancic yang merupakan pendiri platform optimisasi real-time Live Systems merasa frustrasi karena laptop Apple MacBook Pro miliknya rusak. Komputer itu suatu hari menolak booting dan berulang kali berhenti pada layar abu-abu yang menampilkan logo Apple.

Setelah menelusuri berbagai forum dan mencoba aneka cara perbaikan, MacBook milik Kocjancic tak kunjung bisa "dibangunkan". Putus asa, dia memutuskan untuk melakukan sesuatu yang ekstrem, membongkar logic board (mainboard) MacBook dan memasaknya.

Ales Kocjancic Logic board MacBook Pro Ales Kocjancic setelah dibongkar

Entah "memasak" di sini bisa diartikan secara harfiah atau tidak. Yang jelas, Kocjancic membungkus jeroan komputer malang itu dalam aluminium foil, lalu memanggangnya dalam oven bersuhu 170 derajat celsius, persis selama 7 menit.

Tentu, proses ini menghilangkan garansi MacBook Pro milik Kocjancic yang sedari awal tidak tercakup dalam AppleCare. Dia sendiri rupanya lebih suka menempuh cara tersebut ketimbang membawa komputer ke pusat servis Apple.

Seusai dipanggang, logic board MacBook dikeluarkan dari oven dan didiamkan agar dingin sebelum dipasang kembali ke dalam cangkang aluminium laptop itu.

 

Ajaib! Sistem operasi di MacBook Kocjancic kembali terhubung setelah dimasak. Pengalaman tersebut dituangkannya ke dalam sebuah blog.

Ales Kocjancic MacBook Pro Ales Kocjancic berhasil menyala kembali setelah

Apa penjelasan logis di balik kejadian ini? Business Insider berspekulasi bahwa kerusakan MacBook Kocjancic kemungkinan disebabkan oleh koneksi solder di logic board yang terputus. Nah, dengan dipanaskan dalam oven, sambungan solder tadi mencair lalu tersambung kembali setelah didinginkan. Untung saja tak ada komponen lain yang malah terbakar.

Kocjancic mengaku sebelumnya pernah mencoba "memasak" kartu grafis GeForce yang rusak dan berhasil  memperbaikinya. Dia merasa cara yang sama akan kembali berhasil pada MacBook ini.

Kendati demikian, Kocjancic memberi peringatan keras kepada pengguna lain agar jangan pernah mencoba cara tersebut, demi menghindari risiko kebakaran yang sangat mungkin terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com