Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iuran Tahunan WhatsApp Kini Bisa Dibayari Teman

Kompas.com - 13/03/2014, 10:08 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Logo WhatsApp.

KOMPAS.com — Selasa (12/3/2014) lalu, versi terbaru dari aplikasi pesan Instan WhatsApp disalurkan untuk platform Android. Update ini mengusung sejumlah perubahan terkait dengan opsi privasi pengguna dan metode pembayaran biaya langganan.

WhatsApp menarik biaya langganan tahunan dari pengguna mulai penggunaan tahun kedua, sebesar 0,99 dollar AS. Ini adalah sumber pemasukan layanan instant messaging yang tak memasukkan iklan tersebut.

Nah, sebagaimana dikutip dari The Next Web, pada WhatsApp versi terbaru untuk Android, para pengguna bisa memilih untuk membayar biaya langganan sesama pengguna WhatsApp yang menjadi teman mereka. Fitur baru ini disebut "Pay for a friend".

The Next Web Beberapa fitur baru dalam update WhatsApp untuk Android

Teman yang dibayari biaya langganannya itu bisa berasal dari platform ponsel lain di luar Android, seperti iOS, BlackBerry, dan Windows Phone.

Tak jelas alasan di balik implementasi fitur "Pay for a friend", tetapi ada dugaan bahwa WhatsApp berusaha membuat semua penggunanya agar tetap setia dan tak beralih ke layanan serupa lainnya.

Di samping "Pay for a friend", pembaruan WhatsApp untuk Android turut membawa sejumlah opsi baru terkait pengaturan privasi.

Kini pengguna bisa mengatur status "last seen" dan siapa saja yang bisa melihat foto profil. Chat history yang bisa dikirim pun bertambah panjang.

Ada pula sebuah shortcut kamera yang ditambahkan ke homescreen perangkat agar pengguna bisa mengirim gambar dengan lebih cepat tanpa harus membuka WhatsApp terlebih dahulu.

WhatsApp versi terbaru untuk Android ini sudah dapat diunduh di Play Store atau langsung melalui tautan ini.

Pada akhir 2014 nanti, layanan pesan instan yang bulan lalu diakusisi Facebook senilai Rp 223 triliun ini berencana menambahkan fitur voice call.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com