Kompas.com - 13/03/2014, 18:10 WIB
Data center GoogleData center
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan telekomunikasi XL Axiata telah membangun pusat data (data center) di Surabaya, Pekanbaru dan Bintaro (Jakarta). Di tahun 2014, XL akan membangun fasilitas disaster recovery center (DRC) di Surabaya.

XL telah menyiapkan bangunan seluas 3.600 meter persegi untuk DRC di Surabaya. Pembangunan DRC tersebut diharapkan bisa dimulai pada kuartal kedua 2014 dengan investasi sebesar 2,5 juta dollar AS.

GM Cloud and Machine to Machine Technology XL Axiata, Arkav Juliandri mengatakan, DRC di Surabaya akan dibangun dengan konsep modular di mana pihak XL akan menambah kapasitas jika ada permintaan.

DRC milik XL merupakan fasilitas yang menjadi pengganti sementara jikalau sebuah data center XL mengalami gangguan teknis dan tidak dapat beroperasi. DRC sangat dibutuhkan untuk sebuah perusahaan yang memberi layanan secara online, termasuk perbankan.

XL mengklaim semua data center dan DRC miliknya menggunakan standar tier 3. Data center tersebut mengusung teknologi koneksi netral, yang berarti bisa memanfaatkan koneksi dari penyedia jasa internet apa saja.

“Jadi tidak harus menggunakan jaringan XL, bisa pakai jaringan apapun,” katanya usai jumpa pers di Jakarta, Kamis (13/3/2014).

Data center XL juga memanfaatkan beberapa sistem lalu lintas trafik internet, termasuk Indonesia Internet Exchange (IIX) hingga Open Internet Exchange Point (Open IXP).

Sebelumnya, XL telah memanfaatkan data center di Surabaya (seluas 2.400 meter persegi), di Bintaro (2.400 meter persegi) dan Pekanbaru (2.000 meter persegi).

Perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki Axiata asal Malaysia, itu meyakini bisnis data center akan tumbuh di Indonesia. Apalagi, pemerintah punya rencana mewajibkan perusahaan internet untuk menggunakan data center di Indonesia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.