Kompas.com - 14/03/2014, 16:29 WIB
Logo Jokowi for Presiden yang diunggah oleh akun twitter @pdi_perjuangan. TWITTERLogo Jokowi for Presiden yang diunggah oleh akun twitter @pdi_perjuangan.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Logo Jokowi for Presiden yang diunggah oleh akun twitter @pdi_perjuangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumat, 14 Maret 2014, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan diri siap menjadi calon presiden dari PDI Perjuangan.

"Saya telah mendapatkan mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menjadi capres dari PDI Perjuangan," kata pria yang akrab disapa Jokowi ini saat melakukan blusukan di Rumah Pitung di Marunda, Jakarta Utara.

Kurang dari dua jam saja, pencalonan Jokowi sebagai presiden menuai reaksi dari pengguna jejaring sosial Twitter.

Saat berita ini diturunkan sekitar pukul 16.25 WIB, hashtag #JKW4P (Jokowi for President) yang dijadikan slogan dukungan untuk Jokowi telah bertengger di urutan teratas trending topics di Indonesia.

Twitter Hashtag #JKW4P berada di urutan teratas trending topics Twitter di wilayah Indonesia

#JKW4P sempat pula masuk dalam daftar trending topics seluruh dunia, sekitar pukul 15.45 WIB. "AH, right, Of Course. This being Indonesia, #JKW4P is already on worldwide trending topic!!", tulis seorang pengguna Twitter, @followhan.

Di wilayah Indonesia, sejumlah topik yang terkait dengan pencalonan Jokowi turut terkerek ke dalam trending topics, seperti "PDI-P", "Capres", dan "Pak Jokowi".

Partai pengusung Jokowi, PDI-Perjuangan, telah mulai aktif menggalang dukungan terhadap capresnya di Twitter lewat akun @pdi_perjuangan.

"Silakan gunakan logo ini sebagai dukungan kepada Jokowi dalam rupa avatar atau profile picture akun anda #JKW4P," sebut akun itu pada Jumat (14/3/2014 pukul 15.03 WIB, sambil menyertakan gambar logo dimaksud.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.