Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2014, 10:20 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun 2013 lalu, BlackBerry dikabarkan sedang menyiapkan sebuah perangkat kelas entry yang memiliki nama kode BlackBerry "Kopi". Produk tersebut dikatakan sudah beredar di pasar pada kuartal pertama tahun 2014.

Akan tetapi, perangkat ini tampaknya tidak bakal sampai ke tangan para konsumen. Dalam laporan keuangan akhir tahun, perusahaan asal Kanada ini mengumumkan bahwa mereka membatalkan dua proyek smartphone lantaran didera kesulitan finansial. Salah satu dari dua proyek yang dimaksud adalah Kopi.

Beberapa bulan setelah pengumuman tersebut, berita mengenai BlackBerry Kopi ternyata tidak benar-benar menghilang. Baru-baru ini, foto yang berisi penampakkan casing dari produk tersebut muncul di dunia maya.

N4BB
Bagian belakang dari Blackberry Kopi
Kedua foto tersebut diunggah ke situs mikroblogging China, Weibo, dan dilansir ulang oleh situs N4BB. Foto tersebut memperlihatkan cangkang bagian depan dan belakang dari produk yang diduga kuat sebagai BlackBerry Kopi.

Menurut pengamatan KompasTekno, foto terbaru ini sejalan dengan gambar bocoran sebelumnya.

Uniknya, masih menurut N4BB, meski sudah dibatalkan, BlackBerry masih mengirimkan produk tersebut ke para rekanannya, untuk alasan yang tidak diketahui. Apakah itu artinya, BlackBerry menghidupkan kembali proyek Kopi? Sayangnya, hingga saat ini, perusahaan tersebut masih belum mau angkat bicara.

Informasi mendetail dari spesifikasi BlackBerry Kopi sendiri sebenarnya masih belum diketahui. Informasi yang baru terkuak hanya prosesornya saja, yaitu Snapdragon MSM8960 besutan Qualcomm.

Kiprah BlackBerry di pasar perangkat entry sendiri kembali dimulai pada kuartal kedua tahun 2014 ini. Pada bulan April mendatang, BlackBerry dipastikan akan merilis "Jakarta" atau BlackBerry Z3.

BlackBerry juga akan merilis BlackBerry Q20, perangkat dengan keyboard fisik dan trackpad, sebelum akhir tahun 2014 ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber N4BB
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.