Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Mati, BlackBerry Kopi Menampakkan Diri

Kompas.com - 15/03/2014, 10:20 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber N4BB
KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun 2013 lalu, BlackBerry dikabarkan sedang menyiapkan sebuah perangkat kelas entry yang memiliki nama kode BlackBerry "Kopi". Produk tersebut dikatakan sudah beredar di pasar pada kuartal pertama tahun 2014.

Akan tetapi, perangkat ini tampaknya tidak bakal sampai ke tangan para konsumen. Dalam laporan keuangan akhir tahun, perusahaan asal Kanada ini mengumumkan bahwa mereka membatalkan dua proyek smartphone lantaran didera kesulitan finansial. Salah satu dari dua proyek yang dimaksud adalah Kopi.

Beberapa bulan setelah pengumuman tersebut, berita mengenai BlackBerry Kopi ternyata tidak benar-benar menghilang. Baru-baru ini, foto yang berisi penampakkan casing dari produk tersebut muncul di dunia maya.

N4BB
Bagian belakang dari Blackberry Kopi
Kedua foto tersebut diunggah ke situs mikroblogging China, Weibo, dan dilansir ulang oleh situs N4BB. Foto tersebut memperlihatkan cangkang bagian depan dan belakang dari produk yang diduga kuat sebagai BlackBerry Kopi.

Menurut pengamatan KompasTekno, foto terbaru ini sejalan dengan gambar bocoran sebelumnya.

Uniknya, masih menurut N4BB, meski sudah dibatalkan, BlackBerry masih mengirimkan produk tersebut ke para rekanannya, untuk alasan yang tidak diketahui. Apakah itu artinya, BlackBerry menghidupkan kembali proyek Kopi? Sayangnya, hingga saat ini, perusahaan tersebut masih belum mau angkat bicara.

Informasi mendetail dari spesifikasi BlackBerry Kopi sendiri sebenarnya masih belum diketahui. Informasi yang baru terkuak hanya prosesornya saja, yaitu Snapdragon MSM8960 besutan Qualcomm.

Kiprah BlackBerry di pasar perangkat entry sendiri kembali dimulai pada kuartal kedua tahun 2014 ini. Pada bulan April mendatang, BlackBerry dipastikan akan merilis "Jakarta" atau BlackBerry Z3.

BlackBerry juga akan merilis BlackBerry Q20, perangkat dengan keyboard fisik dan trackpad, sebelum akhir tahun 2014 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber N4BB
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com