Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2014, 20:01 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji
Ilustrasi

KOMPAS.com — Bukan rahasia lagi bahwa sebagian pengguna perangat mobile gemar memotret diri sendiri tanpa bantuan orang lain alias "selfie." Berbagai aplikasi pun turut bermunculan untuk mengakomodasi tren yang belakangan mengemuka ini.

Perusahaan teknologi Apple bahkan ikut meramaikan tren tersebut. Selaku pengelola toko aplikasi online App Store, Apple berinisiatif membuat kategori baru bernama "Sharing Selfies" sejak Kamis (13/3/2014). Kategori ini dibuat untuk memudahkan penggunanya dalam mencari aplikasi selfie.

Isi kategori itu adalah rangkaian aplikasi selfie, baik yang gratis maupun berbayar. Pengguna bisa menemukan berbagai judul populer seperti Snapchat, Selfie Cam, hingga Shots dari Justin Bieber. Ada pula aplikasi diary selfie seperti Picr dan penyunting foto selfie Facetune. 

Apple
Sebagian aplikasi dalam section Sharing Selfies di App Store
Kategori baru ini bisa diakses melalui toko aplikasi Apple App Store untuk perangkat iOS. 

Selfie sendiri sebenarnya sama sekali bukan kegiatan jenis baru. Bahkan di abad ke-19, pada masa-masa awal fotografi dengan kamera primitif, selfie sudah mulai dilakukan.

Era digital dan keberadaan gadget mobile mendorong popularitas selfie lebih jauh. Istilah ini menjadi begitu populer sehingga dimasukkan sebagai kata resmi bahasa Inggris oleh Oxford Dictionaries pada 2013 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.