Intel Tantang Pengembang Aplikasi di Indonesia

Kompas.com - 18/03/2014, 17:25 WIB
Petinggi Intel, bersama pendukung acara, memperkenalkan ajang iDoJo di Jakarta, Selasa (18/3/2014) Deliusno/Kompas.comPetinggi Intel, bersama pendukung acara, memperkenalkan ajang iDoJo di Jakarta, Selasa (18/3/2014)
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Intel memperkenalkan sebuah program khusus untuk pengembang (developer) asal Indonesia bertajuk Indonesia Developer Journey (iDoJo) di Swiss-Belhotel, Jakarta, Selasa (18/3/2014).

iDojo adalah sebuah program terpadu yang dirancang khusus untuk para pengembang konten di Indonesia. Melalui serangkaian acara dalam program iDoJo tersebut, mereka didorong agar dapat berkolaborasi untuk menciptakan aplikasi baru.

"Diharapkan, aplikasi tersebut nantinya dapat dikenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga secara global," kata Harry K. Nugraha, Channel Business Director Intel Indonesia di Jakarta.

Program iDoJo sendiri akan diadakan dalam beberapa tahapan, yaitu Developer Marketing, Protoyping, Intel Rock Star Developer 2014, Rewards, Promoting, dan Liga Developer Indonesia.

Rangkaian program iDoJo akan dimulai dari Developer Marketing. Dalam tahap ini, Intel, bersama dengan berbagai pendukung acara, seperti Kummara, KompasTekno, TeknoJurnal, Segitiga.net, dan DailySocial, akan mengadakan seminar, lokakarya, dan pelatihan untuk para developer yang tergabung ke program iDoJo.

Dalam seminar dan lokakarya tersebut, Intel akan memamerkan teknologi terbarunya. Perusahaan pembuat mikroprosesor ini juga akan membagikan software development kit (SDK) pelbagai produknya yang dapat dimanfaatkan para pengembang nantinya.

Tahapan ini sendiri sudah dimulai pada 13 hingga 14 Maret lalu di Jogyakarta dan akan berlanjut di kota Bandung pada 21 Maret mendatang.

Setelah melewati tahapan tersebut, para pengembang diharapkan sudah mulai mengembangkan konsep dari aplikasinya. Purwarupa dari aplikasi yang dikerjakan tersebut nantinya akan dipamerkan di tahapan berikutnya, yaitu Prototyping Day.

Dalam tahap Prototyping ini, para ahli akan memberi masukan, petunjuk, dan konsultasi lebih lanjut untuk purnarupa produk pengembang. Acara ini sendiri akan diadakan di empat universitas, yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, IT Telkom, dan UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta.

Tahapan tersebut nantinya akan dilanjutkan dengan sebuah acara bernama Intel Rock Star Developer 2014. Di acara ini, Intel akan mendorong para pengembang mewujudkan ide purnarupa mereka menjadi aplikasi nyata. Aplikasi terbaik nantinya akan mendapatkan penghargaan dari Intel.

Aplikasi pemenang penghargaan akan dipromosikan oleh Intel melalui beberapa program pemasaran, seperti Intel Channel Conference, Intel Experience Zone, dan Intel Digital Media Festival. Dalam tahapan ini, aplikasi tersebut juga bisa saja dipromosikan secara global.

Selain tahapan-tahapan tersebut, iDoJo juga akan diisi dengan sebuah ajang bernama Liga Developer Indonesia. Ajang ini ditargetkan menjadi pusat kumpulan aplikasi pilihan buatan Indonesia yang pertama. Program tahunan ini dimaksudkan sebagai ajang pengakuan bagi aplikasi terbaik berdasarkan jumlah unduhan, ulasan, pemberian pilihan likes, dan peringkat online.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.