Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Tantang Pengembang Aplikasi di Indonesia

Kompas.com - 18/03/2014, 17:25 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Intel memperkenalkan sebuah program khusus untuk pengembang (developer) asal Indonesia bertajuk Indonesia Developer Journey (iDoJo) di Swiss-Belhotel, Jakarta, Selasa (18/3/2014).

iDojo adalah sebuah program terpadu yang dirancang khusus untuk para pengembang konten di Indonesia. Melalui serangkaian acara dalam program iDoJo tersebut, mereka didorong agar dapat berkolaborasi untuk menciptakan aplikasi baru.

"Diharapkan, aplikasi tersebut nantinya dapat dikenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga secara global," kata Harry K. Nugraha, Channel Business Director Intel Indonesia di Jakarta.

Program iDoJo sendiri akan diadakan dalam beberapa tahapan, yaitu Developer Marketing, Protoyping, Intel Rock Star Developer 2014, Rewards, Promoting, dan Liga Developer Indonesia.

Rangkaian program iDoJo akan dimulai dari Developer Marketing. Dalam tahap ini, Intel, bersama dengan berbagai pendukung acara, seperti Kummara, KompasTekno, TeknoJurnal, Segitiga.net, dan DailySocial, akan mengadakan seminar, lokakarya, dan pelatihan untuk para developer yang tergabung ke program iDoJo.

Dalam seminar dan lokakarya tersebut, Intel akan memamerkan teknologi terbarunya. Perusahaan pembuat mikroprosesor ini juga akan membagikan software development kit (SDK) pelbagai produknya yang dapat dimanfaatkan para pengembang nantinya.

Tahapan ini sendiri sudah dimulai pada 13 hingga 14 Maret lalu di Jogyakarta dan akan berlanjut di kota Bandung pada 21 Maret mendatang.

Setelah melewati tahapan tersebut, para pengembang diharapkan sudah mulai mengembangkan konsep dari aplikasinya. Purwarupa dari aplikasi yang dikerjakan tersebut nantinya akan dipamerkan di tahapan berikutnya, yaitu Prototyping Day.

Dalam tahap Prototyping ini, para ahli akan memberi masukan, petunjuk, dan konsultasi lebih lanjut untuk purnarupa produk pengembang. Acara ini sendiri akan diadakan di empat universitas, yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, IT Telkom, dan UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta.

Tahapan tersebut nantinya akan dilanjutkan dengan sebuah acara bernama Intel Rock Star Developer 2014. Di acara ini, Intel akan mendorong para pengembang mewujudkan ide purnarupa mereka menjadi aplikasi nyata. Aplikasi terbaik nantinya akan mendapatkan penghargaan dari Intel.

Aplikasi pemenang penghargaan akan dipromosikan oleh Intel melalui beberapa program pemasaran, seperti Intel Channel Conference, Intel Experience Zone, dan Intel Digital Media Festival. Dalam tahapan ini, aplikasi tersebut juga bisa saja dipromosikan secara global.

Selain tahapan-tahapan tersebut, iDoJo juga akan diisi dengan sebuah ajang bernama Liga Developer Indonesia. Ajang ini ditargetkan menjadi pusat kumpulan aplikasi pilihan buatan Indonesia yang pertama. Program tahunan ini dimaksudkan sebagai ajang pengakuan bagi aplikasi terbaik berdasarkan jumlah unduhan, ulasan, pemberian pilihan likes, dan peringkat online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com