XL Akui Jual Rugi Layanan Internetnya

Kompas.com - 21/03/2014, 13:30 WIB
Menara base transceiver station (BTS) Aditya Panji/KompasTeknoMenara base transceiver station (BTS)
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
BANJARMASIN, KOMPAS.com - XL Axiata kembali menawarkan paket data (internet) tanpa batas (unlimited) pada Februari 2014 setelah sempat dihentikan pada awal 2012. Dalam menjual internet unlimited tersebut, XL mengaku mengalami kerugian.

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Hasnul Suhaimi mengatakan, harga jual layanan data dari operator telekomunikasi di Indonesia, merupakan yang paling murah kedua di dunia setelah India. Jika dirata-rata, XL sendiri mematok harga 3,9 dollar AS untuk setiap gigabyte trafik internet.

“Setiap gigabyte (GB) internet yang XL jual kepada pelanggan, kami mengalami kerugian sekitar 10 persen,” tegas Hasnul dalam media gathering di Banjarmasin, Kamis (20/3/2014).

Pada awal 2012 lalu, XL punya alasan tersendiri menghentikan layanan data unlimited. Hasnul berkisah, dahulu ada sekitar 2 persen pelanggan yang memakai internet secara berlebihan sehingga membebani 40 persen jaringan XL. Padahal, jika dirata-rata, pemakaian internet secara normal dari satu pelanggan hanya 1GB hingga 2GB per bulan.

Perusahaan kini punya strategi tersendiri dalam mengontrol pemakaian data unlimited agar tak berlebihan. Caranya, dengan memanfaatkan alat khusus yang mampu mengontrol pemakaian data berlebih. Alat itu dapat mendeteksi dan secara otomatis menurunkan kecepatan jika ada pelanggan yang memakai data secara berlebihan.

Menawarkan internet unlimited dilakukan XL untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Perusahaan yang sebagian besar sahamnya dimiliki Axiata asal Malaysia ini akan tetap mempertahankan strategi tarif murah dalam menjual layanan.

Layanan data merupakan masa depan dari bisnis telekomunikasi di tengah menurunnya pertumbuhan layanan telepon dan SMS. XL mencatat, dari 60,5 juta total pelanggan XL di tahun 2013, sebanyak 33,7 juta di antaranya merupakan pelanggan data.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Layanan data ini memberi kontribusi Rp 3,9 triliun, atau sekitar 23 persen dari total pendapatan XL pada tahun 2013 yang mencapai Rp 21,4 triliun.

Di tahun ini perusahaan bakal memperluas jangkauan internet 3G serta meningkatkan transmisi jaringan utama. XL menganggarkan belanja modal sebesar Rp 7 triliun di tahun 2014, di mana sebagian besar dari investasi tersebut akan dialokasikan untuk membangun dan memperluas jaringan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.