Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Akui Jual Rugi Layanan Internetnya

Kompas.com - 21/03/2014, 13:30 WIB
Aditya Panji

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com - XL Axiata kembali menawarkan paket data (internet) tanpa batas (unlimited) pada Februari 2014 setelah sempat dihentikan pada awal 2012. Dalam menjual internet unlimited tersebut, XL mengaku mengalami kerugian.

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Hasnul Suhaimi mengatakan, harga jual layanan data dari operator telekomunikasi di Indonesia, merupakan yang paling murah kedua di dunia setelah India. Jika dirata-rata, XL sendiri mematok harga 3,9 dollar AS untuk setiap gigabyte trafik internet.

“Setiap gigabyte (GB) internet yang XL jual kepada pelanggan, kami mengalami kerugian sekitar 10 persen,” tegas Hasnul dalam media gathering di Banjarmasin, Kamis (20/3/2014).

Pada awal 2012 lalu, XL punya alasan tersendiri menghentikan layanan data unlimited. Hasnul berkisah, dahulu ada sekitar 2 persen pelanggan yang memakai internet secara berlebihan sehingga membebani 40 persen jaringan XL. Padahal, jika dirata-rata, pemakaian internet secara normal dari satu pelanggan hanya 1GB hingga 2GB per bulan.

Perusahaan kini punya strategi tersendiri dalam mengontrol pemakaian data unlimited agar tak berlebihan. Caranya, dengan memanfaatkan alat khusus yang mampu mengontrol pemakaian data berlebih. Alat itu dapat mendeteksi dan secara otomatis menurunkan kecepatan jika ada pelanggan yang memakai data secara berlebihan.

Menawarkan internet unlimited dilakukan XL untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Perusahaan yang sebagian besar sahamnya dimiliki Axiata asal Malaysia ini akan tetap mempertahankan strategi tarif murah dalam menjual layanan.

Layanan data merupakan masa depan dari bisnis telekomunikasi di tengah menurunnya pertumbuhan layanan telepon dan SMS. XL mencatat, dari 60,5 juta total pelanggan XL di tahun 2013, sebanyak 33,7 juta di antaranya merupakan pelanggan data.

Layanan data ini memberi kontribusi Rp 3,9 triliun, atau sekitar 23 persen dari total pendapatan XL pada tahun 2013 yang mencapai Rp 21,4 triliun.

Di tahun ini perusahaan bakal memperluas jangkauan internet 3G serta meningkatkan transmisi jaringan utama. XL menganggarkan belanja modal sebesar Rp 7 triliun di tahun 2014, di mana sebagian besar dari investasi tersebut akan dialokasikan untuk membangun dan memperluas jaringan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com