Kompas.com - 21/03/2014, 16:05 WIB
Ilustrasi penggunaan ponsel shutterstockIlustrasi penggunaan ponsel
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
BANJARMASIN, KOMPAS.com - Perusahaan telekomunikasi XL Axiata berencana menjadikan pulsa sebagai alat bayar. Saat ini XL sedang mengajukan izin ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memperbolehkan pulsa sebagai alat bayar.

Di kemudian hari, XL berharap antara pulsa dengan layanan dompet digital XL tunai bisa disatukan. Setiap pengisian ulang pulsa, maka secara otomatis pulsa tersebut menjadi uang elektronik dan masuk dalam akun dompet digital XL Tunai.

“Kita harapkan tahun ini bisa terealisasi. Kita sudah ajukan ke OJK. Kalau Kemenkominfo secara umum mendukung,” ujar Hasnul dalam media gathering di Banjarmasin, Kamis (20/3/2014).

Jika inisiatif XL ini terealisasi, Hasnul mengatakan pihaknya akan menerapkan semua aturan perbankan. “Kami juga siap bertanggung atas semua transaksi dan uang yang disimpan pelanggan,” tutur Hasnul.

Rencananya, pihak XL hanya melayani pembayaran dengan jumlah kecil. Jumlah uang elektronik yang ditransfer akan dibatasi, misalnya Rp 1 juta per hari.

XL selama ini memiliki layanan uang elektronik dan metode pembayaran mobile bernama XL Tunai. Pada pertengahan 2013, muncul pengembangan baru bernama XL Tunai Tap & Go yang wujudnya berupa stiker dengan chip khusus.

Stiker tersebut ditempel di bagian belakang ponsel, lalu diprogram dan dihubungkan dengan nomor ponsel pelanggan XL. Pengguna yang ingin bertransaksi terlebih dahulu harus mengisi saldonya di akun XL Tunai yang notabene terpisah dari pulsa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika ingin bertransaksi, pengguna cukup tempelkan ponselnya ke mesin pembaca transaksi elektronik yang telah disediakan XL di tempat-tempat tertentu, seperti restoran cepat saji dan pasar swayalan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.