Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Mau Wujudkan Bayar Pakai Pulsa

Kompas.com - 21/03/2014, 16:05 WIB
Aditya Panji

Penulis

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Perusahaan telekomunikasi XL Axiata berencana menjadikan pulsa sebagai alat bayar. Saat ini XL sedang mengajukan izin ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memperbolehkan pulsa sebagai alat bayar.

Di kemudian hari, XL berharap antara pulsa dengan layanan dompet digital XL tunai bisa disatukan. Setiap pengisian ulang pulsa, maka secara otomatis pulsa tersebut menjadi uang elektronik dan masuk dalam akun dompet digital XL Tunai.

“Kita harapkan tahun ini bisa terealisasi. Kita sudah ajukan ke OJK. Kalau Kemenkominfo secara umum mendukung,” ujar Hasnul dalam media gathering di Banjarmasin, Kamis (20/3/2014).

Jika inisiatif XL ini terealisasi, Hasnul mengatakan pihaknya akan menerapkan semua aturan perbankan. “Kami juga siap bertanggung atas semua transaksi dan uang yang disimpan pelanggan,” tutur Hasnul.

Rencananya, pihak XL hanya melayani pembayaran dengan jumlah kecil. Jumlah uang elektronik yang ditransfer akan dibatasi, misalnya Rp 1 juta per hari.

XL selama ini memiliki layanan uang elektronik dan metode pembayaran mobile bernama XL Tunai. Pada pertengahan 2013, muncul pengembangan baru bernama XL Tunai Tap & Go yang wujudnya berupa stiker dengan chip khusus.

Stiker tersebut ditempel di bagian belakang ponsel, lalu diprogram dan dihubungkan dengan nomor ponsel pelanggan XL. Pengguna yang ingin bertransaksi terlebih dahulu harus mengisi saldonya di akun XL Tunai yang notabene terpisah dari pulsa.

Jika ingin bertransaksi, pengguna cukup tempelkan ponselnya ke mesin pembaca transaksi elektronik yang telah disediakan XL di tempat-tempat tertentu, seperti restoran cepat saji dan pasar swayalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com