Kompas.com - 22/03/2014, 10:46 WIB
Ilustrasi IntelIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi

KOMPAS.com - Kendati belakangan terlihat sibuk mengembangkan prosesor untuk perangkat mobile, Intel rupanya belum melupakan pengguna PC tradisional. Pada Game Developer Conference Kamis (20/3/2014), produsen chip ini memperkenalkan prosesor Core-i7 Extreme Edition generasi ke-4 yang dilengkapi delapan core (16 thread).

Sebagaimana dilaporkan oleh ArsTechnica, Core-i7 Extreme Edition generasi ke-4 ditujukan untuk kalangan power user dan merupakan CPU kelas desktop pertama dari Intel yang memiliki delapan buah inti pemrosesan. Prosesor ini dibangun dengan basis arsitektur "Haswell-E".

Selain inti "octa-core", Core-i7 Extreme Edition generasi ke-4 juga mendukung penggunaan memori jenis DDR4 yang menawarkan kecepatan transfer data lebih tinggi serta konsumsi daya lebih rendah dibandingkan teknologi DDR3.

Core-i7 Extreme Edition generasi ke-4 rencananya akan dipasangkan dengan motherboard high-end baru yang mengusung chipset X99. Core-i7 Extreme Edition generasi ke-4 sendiri rencananya akan dirilis pada paruh kedua 2014.

Di samping itu, Intel turut memperkenalkan prosesor Pentium dengan core berbasis Haswell yang datang dengan pengali kecepatan alias multiplier terbuka. Pengguna dapat meningkatkan frekuensinya dengan mudah melalui teknik overclocking.

Prosesor ini sekaligus diperkenalkan untuk merayakan ulang tahun ke-20 dari nama "Pentium" yang dulu digunakan Intel untuk brand prosesor high-end buatannya sebelum digantikan oleh nama baru, Core, hampir satu dekade yang lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.