Facebook dan Google Kuasai Pasar Iklan "Mobile"

Kompas.com - 23/03/2014, 10:04 WIB
Ilustrasi Google AdWords vs. Facebook Ads istIlustrasi Google AdWords vs. Facebook Ads
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Belanja iklan di platform mobile tahun ini diprediksi akan mencapai 31,45 miliar dollar AS, meningkat 75,1 persen dibanding tahun lalu. Angka tersebut nyaris seperempat dari total belanja iklan secara keseluruhan pada 2014.

Dua perusahaan raksasa TI, Facebook dan Google, disebut sebagai pemacu utama meningkatnya iklan di perangkat genggam ini.

Hal tersebut terungkap dari data yang dirilis oleh situs eMarketer pada Rabu (19/3/2014). Bahkan, jika digabungkan, pendapatan Google dan Facebook dari iklan mobile pada 2013 mencapai 6,92 miliar dollar AS.

Kontribusi kedua raksasa TI tersebut mencapai 75 persen dari total pendapatan iklan mobile yang sebesar 9,2 persen. Dengan demikian, Facebook dan Google menguasai dua pertiga pangsa pasar iklan mobile di seluruh dunia.

Facebook disebut eMarketer menjadi perusahaan yang pangsa pasarnya melesat. Pada 2012 lalu, jejaring sosial ini hanya menguasai 5,4 persen pasar iklan global. Namun, pada 2013, angkanya melejit menjadi 17,5 persen. eMarketer sendiri memprediksi pangsa pasar Facebook tahun ini akan mencapai 21,7 persen.

Sementara itu, Google masih menjadi perusahaan yang mendominasi pasar iklan mobile di seluruh dunia. Tahun 2013 lalu, Google menguasai 50 persen pangsa pasar iklan di segmen mobile. Untuk tahun ini, eMarketer memprediksi pangsa pasar Google justru akan menurun karena faktor pesatnya pertumbuhan iklan di Facebook.

Pasar iklan mobile sendiri akan terus tumbuh pada masa-masa mendatang. Semakin besarnya pendapatan iklan Facebook dari iklan mobile juga menjadi indikasi bahwa ke depannya Facebook akan lebih serius di segmen mobile.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 2012 lalu, pendapatan iklan Facebook dari iklan di perangkat mobile hanya sebesar 11 persen dari total pendapatan perusahaan. Namun, pada 2013, iklan mobile Facebook menyumbang keuntungan hingga 45,1 persen.

Kini pada 2014, eMarketer memprediksi segmen mobile akan menyumbang 63,4 persen dari total keuntungan iklan Facebook. Sementara untuk Google, tahun ini pendapatan dari iklan mobile akan meningkat menjadi 33,8 persen dibanding tahun lalu sebesar 23,1 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber eMarketer
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.