Samsung Patenkan Kamera Layar Transparan

Kompas.com - 23/03/2014, 15:01 WIB
Gambar konsep kamera dengan layar transparan dari Samsung SamsungGambar konsep kamera dengan layar transparan dari Samsung
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Pengguna kamera biasanya tak melakukan kontak mata secara langsung dengan subyek foto yang dipandang melalui jendela bidik atau layar LCD. Samsung rupanya berniat mengubah hal tersebut melalui paten kamera dengan teknologi layar transparan.

Sebagaimana dilaporkan oleh BGR, kamera dengan layar transparan ini tak hanya memungkinkan pengguna kamera melihat gambar yang diambil tapi juga memandang langsung ke arah subyek foto.

"Desain kamera digital ini melibatkan layar transparan sehingga pengambil gambar dan subyek foto bisa saling memandang dan menjaga kontak mata secara langsung," jelas deskripsi dalam paten yang diresmikan di Korea Selatan tersebut.

Entah layar transparan benar-benar diperlukan atau malah mempersulit pengambilan gambar. Yang jelas, kecuali layar tersebut, konsep kamera dari Samsung ini agaknya tak menawarkan kelebihan lain untuk meningkatkan kualitas foto.

Dalam gambar di dokumen paten, perangkat ini terlihat tipis dan lebih mirip kamera saku dibandingkan model profesional. Kamera konsep tersebut akan turut dibekali komponen-komponen dasar seperti lensa, flash, tombol power, dan tentu saja, layar lebar yang transparan.

Dimensi fisiknya sendiri tak dijabarkan sehingga ukuran asli kamera ini, apabila nanti benar-benar terwujud, belum bisa ditebak.

Samsung belakangan memang terus mencoba berinovasi untuk menembus pasar kamera yang selama ini didominasi oleh perusahaan Jepang. Raksasa elektronik Korea itu telah menelurkan sejumlah model kamera, termasuk dari jenis mirrorless dan kamera yang dilengkapi sistem operasi Android.



Sumber BGR
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X