Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Google Hadirkan Internet Kencang di Chrome

Kompas.com - 24/03/2014, 14:21 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET
Ilustrasi

KOMPAS.com - Dalam rangka mempercepat akses internet, Google memperbarui dukungan format gambar WebP pada versi beta peramban Chrome. Format ini menjanjikan kecepatan dan efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan jenis format lain.

WebP sendiri adalah format gambar baru besutan Google yang bisa menghasilkan kompresi lossless dan lossy. Ukuran file yang dihasilkan bisa 34 persen lebih kecil dibandingkan JPEG.

Sebagaimana dilaporkan oleh Cnet, Google menyebutkan bahwa WebP nantinya bisa menggantikan format JPEG, GIF, dan PNG yang banyak dipakai saat ini.

Seperti JPEG, WebP bisa mengecilkan ukuran file dengan kompresi lossy, namun format ini juga mampu menghadirkan gambar secara transparan tanpa latar belakang (alpha transparency) layaknya PNG.

Google telah memakai WebP untuk menggantikan gambar dalam format PNG di situs Google Play. Langkah ini disebut berhasil memangkas ukuran file hingga sepertiga.

Raksasa internet tersebut juga berencana memakai WebP untuk menampilkan gambar thumbnail pada situs berbagi video YouTube.

"Semua penggunaan (WebP) di kalangan Google telah menghasilkan penghematan transfer data sebanyak puluhan terabyte sehari… Bagi pengguna, manfaatnya adalah waktu loading laman yang lebih singkat dan penggunaan kuota data yang lebih sedikit," tulis manajer produk WebP Husain Bengali dalam sebuah posting blog minggu lalu.

Kendati demikian, tak semua pihak mendukung penggunaan WebP. Mozilla misalnya, hingga kini masih belum menyertakan dukungan WebP pada browser Firefox miliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com