Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Tak Mau Ladeni XL

Kompas.com - 25/03/2014, 09:49 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tahun 2014, operator seluler XL Axiata bakal mempertahankan strategi tarif murah dalam menjual layanan. Sementara operator seluler terbesar di Indonesia, Telkomsel, tidak mau meladeninya dengan perang tarif.

Vice President Marketing Communications Telkomsel, Irlamsyah Syam mengatakan, pihaknya berusaha menjaga tarif agar tidak terjadi perang tarif. Menurutnya, saat ini harga yang ditawarkan Telkomsel cukup kompetitif.

"Perang tarif itu sangat tidak baik. Kami menawarkan harga yang kompetitif. Kasihan industri ini mau dibawa ke mana?" kata Irlamsyah usai jumpa pers di Jakarta, Senin (24/3/2014).

Menurutnya, saat ini tarif seluler dan internet yang ditawarkan perusahaan telekomunikasi di Indonesia sudah terbilang sangat murah dibandingkan negara-negara lainnya. "Delapan tahun lalu tarif seluler di Indonesia memang mahal, tapi sekarang bisa dibilang sudah sangat murah," lanjutnya.

Operator XL Axiata bakal melanjutkan strategi tarif murah. Bukan hanya dalam menjual layanan internet, tarif murah itu juga berlaku untuk layanan telepon dan SMS.

Setelah XL menyelesaikan transaksi dalam membeli Axis Telekom Indonesia pada Rabu (19/3/2014) sebesar 865 juta dollar AS, XL akan memosisikan Axis untuk segmen anak muda dan mempertahankan tarif layanan Axis yang selama ini dikenal murah.

Segmen anak muda menjadi incaran operator berbasis teknologi GSM di tahun 2014 ini, karena segmen tersebut aktif sebagai pengguna layanan data yang menjadi fokus utama operator seluler di tengah menurunnya tren layanan telepon dan SMS.

Telkomsel juga telah menyiapkan produk baru untuk mengincar segmen anak muda, yaitu Loop. Produk ini ditujukan untuk konsumen di rentang usia 12 sampai 19 tahun. Sementara itu, Indosat masih mempertahankan produk IM3 untuk segmen anak muda, begitu juga dengan Hutchison 3 Indonesia (Tri) yang sejak dulu serius menjaring segmen anak muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com