11 Negara Penjual PlayStation 4 Termahal

Kompas.com - 25/03/2014, 11:11 WIB
Playstation 4 WiredPlaystation 4
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sony memasarkan konsol terbarunya, Playstation 4 (PS4), dengan harga yang sangat kompetitif di Amerika Serikat. Perangkat tersebut dibanderol 400 dollar AS, lebih murah 100 dollar AS dari pesaing terkuatnya, Xbox One besutan Microsoft.

Akan tetapi, ternyata tidak semua negara dapat membeli PS4 dengan harga yang relatif terjangkau tersebut. Bahkan, ada beberapa negara yang menjual konsol ini dengan lebih mahal dua kali lipat ketimbang di AS.

Menurut data yang dilansir oleh Bloomberg, harga jual PS4 di Brasil merupakan yang tertinggi dari seluruh dunia. Perangkat ini dijual dengan harga 3.999 real atau sebesar Rp 19,6 juta.

Brasil memang dikenal memiliki pajak yang sangat tinggi untuk produk-produk elektronik. Selain PS4, Brasil telah dinobatkan menjadi negara penjual iPhone dengan harga tertinggi.

Indonesia juga masuk ke daftar tersebut. Menurut Bloomberg, Indonesia ada di urutan ke-11 dengan harga resmi perangkat sebesar Rp 7 juta.

Beberapa waktu lalu, KompasTekno sempat menanyakan, mengapa harga PS4 di Indonesia jauh lebih tinggi dibandingkan AS. Menurut Brand Activation Management Division Head PT Sony Indonesia Hiroshi Sakai, alasan di balik tingginya harga tersebut adalah pajak dan juga beberapa biaya lain.

Senada dengan Sakai, Product Marketing and Game Business Sony Indonesia Astrid Ramadhina mengatakan bahwa biaya terkait impor PS4 merupakan salah satu penyebab di balik tingginya harga mesin game itu.

"Malah kenaikan baru Pajak Penghasilan (PPh) untuk impor barang mulai diberlakukan, kita harus bayar lebih lagi," keluh Astrid, mengacu pada kenaikan PPh pasal 22 untuk barang tertentu (termasuk elektronik) dari 2,5 persen menjadi 7,5 persen. Dia mengaku belum tahu apakah harga PS4 akan disesuaikan atau tidak.

Berikut 11 negara dengan harga jual PS4 tertinggi di dunia.

1. Brasil - 3,999 real atau sekitar Rp 19,6 juta

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.