Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTC One Baru Resmi Diumumkan

Kompas.com - 26/03/2014, 07:03 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge
Gambar HTC One M8 di situs resmi HTC

KOMPAS.com - Setelah bocorannya banyak beredar beberapa bulan belakangan, smartphone HTC One (M8) akhirnya resmi diumumkan pada Selasa 25 Maret dalam sebuah acara di kota New York, Amerika Serikat. Perangkat ini merupakan andalan baru HTC, meneruskan pendahulunya yang bernama sama.

Meski juga memiliki bentuk mirip dengan ponsel generasi sebelumnya, HTC One (M8) sebenarnya mengusung perubahan luar dalam. Sebagaimana dikutip dari The Verge, di balik cangkang aluminium yang kini lebih berlekuk tertanam prosesor quad-core Snapdragon 801 2,3 GHz dan RAM 2GB.

Layar HTC One (M8) juga lebih besar dengan ukuran 5 inci, meski tetap dengan resolusi full-HD (1920x1080) yang sama. HTC One versi baru ini tetap mengusung kapasitas memori internal 16 GB dan 32 GB, namun sekarang dilengkapi dengan slot micro-SD untuk keperluan ekspansi storage.

"(HTC One M8) mengambil fondasi dari smartphone terbaik di dunia dan membuatnya lebih baik di semua hal," ujar CEO HTC Peter Chou.

Akan tetapi, salah satu fitur yang paling menarik perhatian adalah kamera belakang HTC One (M8) yang terdiri dari dua buah kamera. Sebenarnya hanya ada satu kamera utama, karena yang lainnya lebih berperan sebagai "sensor jarak".

Dengan mekanisme ini, HTC One (M8) mampu mendeteksi obyek foreground dan background dalam sebuah foto. Dari situ berbagai macam manipulasi terkait perbedaan jarak obyek bisa dilakukan setelah foto diambil, misalnya memburamkan latar belakang untuk menghasilkan efek Depth of Field, atau memilih titik fokus yang dikehendaki.

Lucunya, kamera depan HTC One justru memiliki resolusi lebih tinggi dibandingkan kamera utama di punggungnya, yaitu 5 megapixel berbanding 4 megapixel. Ini karena HTC mempertahankan desain sensor Ultrapixel yang pertama kali diperkenalkan lewat HTC One tahun lalu.

Melengkapi HTC One (M8), pembuatnya menyertakan sistem operasi Android 4.4.2 Kitkat yang terbungkus user interface Sense 6 dan sejumlah fitur ala HTC seperti Blink Feed dan Zoe.

HTC One (M8) dijadwalkan bakal tersedia di lebih dari 100 negara lewat 230 operator seluler mulai April mendatang. Harga jualnya sendiri masih belum diinformasikan oleh HTC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com