Kompas.com - 26/03/2014, 07:03 WIB
Gambar HTC One M8 di situs resmi HTC HTCGambar HTC One M8 di situs resmi HTC
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Gambar HTC One M8 di situs resmi HTC

KOMPAS.com - Setelah bocorannya banyak beredar beberapa bulan belakangan, smartphone HTC One (M8) akhirnya resmi diumumkan pada Selasa 25 Maret dalam sebuah acara di kota New York, Amerika Serikat. Perangkat ini merupakan andalan baru HTC, meneruskan pendahulunya yang bernama sama.

Meski juga memiliki bentuk mirip dengan ponsel generasi sebelumnya, HTC One (M8) sebenarnya mengusung perubahan luar dalam. Sebagaimana dikutip dari The Verge, di balik cangkang aluminium yang kini lebih berlekuk tertanam prosesor quad-core Snapdragon 801 2,3 GHz dan RAM 2GB.

Layar HTC One (M8) juga lebih besar dengan ukuran 5 inci, meski tetap dengan resolusi full-HD (1920x1080) yang sama. HTC One versi baru ini tetap mengusung kapasitas memori internal 16 GB dan 32 GB, namun sekarang dilengkapi dengan slot micro-SD untuk keperluan ekspansi storage.

"(HTC One M8) mengambil fondasi dari smartphone terbaik di dunia dan membuatnya lebih baik di semua hal," ujar CEO HTC Peter Chou.

Akan tetapi, salah satu fitur yang paling menarik perhatian adalah kamera belakang HTC One (M8) yang terdiri dari dua buah kamera. Sebenarnya hanya ada satu kamera utama, karena yang lainnya lebih berperan sebagai "sensor jarak".

Dengan mekanisme ini, HTC One (M8) mampu mendeteksi obyek foreground dan background dalam sebuah foto. Dari situ berbagai macam manipulasi terkait perbedaan jarak obyek bisa dilakukan setelah foto diambil, misalnya memburamkan latar belakang untuk menghasilkan efek Depth of Field, atau memilih titik fokus yang dikehendaki.

Lucunya, kamera depan HTC One justru memiliki resolusi lebih tinggi dibandingkan kamera utama di punggungnya, yaitu 5 megapixel berbanding 4 megapixel. Ini karena HTC mempertahankan desain sensor Ultrapixel yang pertama kali diperkenalkan lewat HTC One tahun lalu.

Melengkapi HTC One (M8), pembuatnya menyertakan sistem operasi Android 4.4.2 Kitkat yang terbungkus user interface Sense 6 dan sejumlah fitur ala HTC seperti Blink Feed dan Zoe.

HTC One (M8) dijadwalkan bakal tersedia di lebih dari 100 negara lewat 230 operator seluler mulai April mendatang. Harga jualnya sendiri masih belum diinformasikan oleh HTC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.