Inilah Kartu Grafis "Rp 30 Juta" dari Nvidia

Kompas.com - 26/03/2014, 16:47 WIB
Kartu grafis Nvidia GeForce GTX Titan Z AnandTechKartu grafis Nvidia GeForce GTX Titan Z
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Ketika diperkenalkan beberapa waktu lalu, kartu grafis seri GeForce GTX Titan dari Nvidia sudah membuat sebagian pemain game komputer tercengang dengan patokan harga 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 11,5 juta.

Kini, pada acara GPU Technology Conference hari Selasa (25/3/2014), pabrikan tersebut kembali memperkenalkan seri kartu grafis "wah" dengan banderol yang bahkan lebih mencengangkan lagi, GeForce GTX Titan Z. Harganya? 3.000 dollar AS atau sekitar Rp 34 juta.

Dengan banderol yang berada di luar jangkauan kebanyakan orang itu, Nvidia menjanjikan GeForce GTX Titan Z bakal memberikan performa luar biasa.

"Kalau butuh superkomputer untuk diletakkan di bawah meja, inilah kartu grafis yang Anda butuhkan," ujar CEO Nvidia Jen-Hsun Huang, sebagaimana dikutip oleh Gamespot.

Meski harganya berada di wilayah kartu grafis kelas profesional atau workstation, Nvidia tetap menargetkan kalangan gamer sebagai calon pembeli GeForce GTX Titan Z.

Justru, menurut blog perusahaan yang bersangkutan, kartu grafis ini khusus dirancang untuk "5K gaming" dan "multi-monitor gaming". Driver yang dipakai pun sama dengan seri kartu grafis GeForce lainnya.

GeForce GTX Titan Z sebenarnya merupakan sebuah kartu grafis dengan dua GPU GK110 yang sama dengan milik GeForce GTX 780 Ti dan GeForce Titan Black. GeForce GTX Titan Z pun memiliki stream processor gabungan sebanyak 5.760 buah, atau 2.880 per GPU.

Kedua GPU kembar yang khusus diatur agar berjalan pada frekuensi yang sama tersebut dipasangkan dengan memori GDDR5 7 GHz sebesar 12 GB. Adapun clockspeed GPU masih belum diumumkan oleh Nvidia.

Tertarik? Nvidia menjadwalkan peluncuran GeForce GTX Titan Z pada April mendatang. Belum jelas, di wilayah mana saja kartu grafis ini akan tersedia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Gamespot
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X