"Loncat" ke Apple, Petinggi BlackBerry Dihadang

Kompas.com - 27/03/2014, 08:23 WIB
Kantor Pusat BlackBerry di Kanada todayonline.comKantor Pusat BlackBerry di Kanada
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — BlackBerry menghadang keras salah satu petingginya yang ingin pindah ke perusahaan pesaing, Apple. Untuk menahan kepergian sang petinggi, perusahaan asal Kanada tersebut membawa masalah ini ke meja hijau.

Petinggi yang dimaksud adalah Sebastien Marineau-Mes. Saat ini, ia masih menjabat sebagai Senior Vice President of Software BlackBerry.

Menurut informasi dari dokumen Ontario Superior Court of Justice, Marineau-Mes sebenarnya sudah melakukan pembicaraan untuk meninggalkan BlackBerry pada September 2013 silam.

Akan tetapi, Apple sendiri baru secara formal menawarkan posisi sebagai Vice President of Core OS pada Desember 2013.

Seperti dikutip dari iMore, Kamis (27/3/2014), seperti yang sudah ditebak, Marineau-Mes menerima posisi tersebut dan langsung menuliskan surat pengunduran diri kepada BlackBerry pada tanggal 23 Desember.

Dalam surat tersebut, Marineau-Mes mengungkapkan bahwa ia akan meninggalkan perusahaan tersebut dalam kurun waktu dua bulan atau tepatnya pada Februari 2014.

Nah, di sinilah masalah antara Marineau-Mes dan BlackBerry dimulai. Ternyata, dalam kontrak kerjanya, tertulis bahwa ia harus memberitahukan pengunduran dirinya, setidaknya enam bulan sebelum keluar dari perusahaan.

Tidak ditemukan kesepakatan antara dua belah pihak untuk masalah tersebut. Hingga akhirnya, BlackBerry membawa masalah tersebut ke ranah hukum.

"Sangat disayangkan bahwa kami harus mengambil langkah ini, tetapi kami melakukan hal yang diperlukan untuk menjamin karyawan menghargai perjanjian yang mereka buat," ujar perwakilan BlackBerry kepada iMore.

Bagaimana dengan tanggapan pihak pengadilan terhadap kasus ini? Pihak pengadilan akhirnya memenangkan BlackBerry dan meminta Marineau-Mes untuk mematuhi kontrak. Itu artinya, Marineau-Mes akan "dipaksa" untuk bertahan hingga bulan Juni mendatang.

"Kami puas pihak pengadilan telah mendukung posisi kami dan memutuskan bahwa kontrak kerja dan persyaratan tetap berlaku," katanya.

Hingga berita ini dinaikkan, masih belum diketahui apakah Apple akan tetap menerima Marineau-Mes pada empat bulan mendatang atau tidak.



Sumber iMore
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X