Menjajal SanDisk Ultra Dual USB Drive

Kompas.com - 28/03/2014, 14:38 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Ada berbagai cara untuk memindahkan file dari satu perangkat Android ke yang lainnya, mulai dari koneksi Bluetooth, WiFi Direct, hingga melalui e-mail dan aplikasi pesan instan. Hal ini relatif mudah dilakukan, apalagi Android memiliki opsi "share" yang gampang diakses selagi menelusuri file dan folder.

Namun bagaimana jika file yang bersangkutan berukuran besar, mencapai ratusan, atau bahkan ribuan megabyte seperti video, musik, atau foto dalam jumlah banyak? Dalam skenario ini, transfer file secara wireless bakal memakan waktu lama.

oik yusuf/ kompas.com Kotak kemasan SanDisk Ultra Dual USB Drive

Nah, cara yang praktis untuk memindahkan file berukuran besar/berjumlah banyak dari perangkat Android adalah dengan memakai perangkat USB flash drive yang memiliki konektor micro-USB.

Sistem operasi dan sebagian besar perangkat Android memang mendukung fungsi USB On the Go (OTG) untuk keperluan ini.

Salah satu produsen media penyimpanan yang menawarkan produk USB drive yang kompatibel dengan smartphone adalah Sandisk melalui Ultra Dual USB Drive.

Perangkat ini merupakan flash drive USB OTG yang ukurannya sebanding dengan flash drive biasa.

Ultra Dual USB Drive memiliki dua jenis konektor, yaitu USB 2.0 tipe A standar (untuk PC) dan USB 2.0 Micro B (untuk smartphone).

 

oik yusuf/ kompas.com
SanDisk Ultra Dual USB Drive memiliki dua jenis konektor yang tergabung dalam satu kemasan, yaitu USB 2.0 tipe A standar untuk koneksi PC dan USB 2.0 Micro B untuk koneksi ke smartphone/ tablet.

Masing-masing konektor ditempatkan di sisi yang berlawanan dan hanya satu buah konektor yang bisa dipakai dalam satu waktu. Konektor yang sedang tidak dipakai bisa ditutup dengan cover terintegrasi yang meminimalisir resiko kehilangan penutup.

Dengan dua jenis konektor tersebut, Ultra Dual USB Drive bukan hanya bisa dipakai memindahkan data antar perangkat Android seperti smartphone dan tablet, namun juga PC desktop, notebook, ataupun perangkat lain yang memiliki port USB.

oik yusuf/ kompas.com
Dua jenis konektor USB pada SanDisk Ultra Dual USB Drive dilindungi penutup terintegrasi. Hanya salah satu konektor yang bisa dipakai dalam satu waktu

Cara memakainya sederhana saja. Pengguna tinggal menancapkan Ultra Dual USB Drive ke port micro-USB perangkat Android yang mendukung USB OTG dan flash drive ini akan langsung dikenali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.