Kompas.com - 29/03/2014, 10:59 WIB
Blackberry catatkan kerugian dalam tiga bulan terakhir. Blackberry catatkan kerugian dalam tiga bulan terakhir.
EditorAditya Panji
KOMPAS.com — Produsen ponsel pintar BlackBerry mengumumkan kerugian 5,9 miliar dollar AS (atau sekitar Rp 67 triliun) untuk tahun finansial terakhir.

Namun, pada periode tiga bulan hingga 1 Maret, jumlah kerugian di bawah perkiraan, yaitu 423 juta dollar AS, sementara kerugian pada kuartal sebelumnya mencapai 4,4 miliar dollar AS.

BlackBerry menyatakan puas dengan kinerja perusahaan pada kuartal keempat dan yakin mereka "sudah berada di jalur pertumbuhan dan keuntungan".

Posisi BlackBerry sebagai kekuatan dominan di pasar ponsel pintar tergeser oleh Apple dan perusahaan-perusahaan yang menawarkan unit dengan sistem operasi Android.

Penerimaan pada kuartal keempat turun menjadi 976 juta dollar AS, di bawah perkiraan para analis yang sebelumnya memprediksi penerimaan 1,1 miliar dollar AS.

Dalam upaya untuk merebut konsumen yang kini melirik ponsel dengan sistem operasi lain, BlackBerry kembali menyiapkan unit dengan keyboard fisik dan juga menggarap dengan lebih serius bisnis layanan.

Colin Gillis analis di BGC Partners mengatakan, direktur baru BlackBerry John Chen tengah berupaya keras untuk mengubah peruntungan perusahaan yang berpusat di Kanada tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tetapi, persoalannya adalah mengubah perusahaan menjadi kembali menguntungkan tidak bisa dilakukan dalam waktu sekejap," kata Gillis.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.