Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Bakal Seriusi Pasar "Wearable Gadget"

Kompas.com - 29/03/2014, 13:40 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Selain merambah bisnis perangkat mobile, Intel juga ingin agar prosesor buatannya dipakai di perangkat yang bisa dipakai di tubuh manusia (wearable gadget). Untuk memuluskan jalan tersebut, Intel telah mengakusisi startup Basic Science Inc., produsen gelang untuk merekam aktivitas kesehatan.

Kepastian akuisisi tersebut dikabarkan oleh situs teknologi Tech Crunch pada Selasa (25/3/2014). Namun, belum diketahui nilai akuisisi Intel atas Basic Science.

Sebelum dicaplok Intel, Google dikabarkan sempat menawar Basic Science dengan mahar 100 juta dollar AS, dan tawaran itu akhirnya ditolak. Kemungkinan besar Intel mengajukan jumlah nilai yang lebih tinggi.

Basic Science, yang memproduksi gelang untuk aktivitas kebugaran dan kesehatan, mengatakan dalam blog resminya bahwa mereka akan bergabung dalam tim perangkat dalam organisasi Intel untuk merancang wearable gadget.

Meski telah diakuisisi Intel, semua perangkat buatan Basic akan terus diberi dukungan teknis.

Intel belum menerangkan secara rinci wearable gadget seperti apa yang akan dibuatnya, apakah berupa gelang kesehatan atau jam tangan pintar.

Namun jika melihat rekam jejak Basic Science, produknya yang bernama Basic B1 diakui memiliki performa unggul dalam memonitor detak jantung, aliran darah, dan panas tubuh. Besar kemungkinan Intel akan membuat wearable gadget dengan fungsi yang mirip, sebab data-data seperti itulah yang saat ini dicari oleh Intel.

Di pasar wearable gadget, Intel masih harus mengejar ketertinggalannya dari produsen prosesor lain, seperti Qualcomm, Texas Instrument dan STMicroelectronics, yang telah membuat prosesor untuk berbagai perangkat wearable.

Tantangan Intel di segmen wearable gadget tergolong sulit. Sebab, selain membuat prosesor dan perangkat, Intel juga harus membuat solusi yang komplit agar lebih banyak pengguna yang mau mengadopsinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com