Kompas.com - 01/04/2014, 08:16 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Setelah diluncurkan di platform iOS pada Kamis (27/3/2014), aplikasi Office untuk iPad mendapat sambutan positif dari fans Apple. Ini terbukti dengan bertenggernya Office for iPad di deretan atas tabel aplikasi gratis terlaris.

Setidaknya, hingga Sabtu (29/3/2014), Office for iPad yang menjadi bagian dari Microsoft Office 365 productivity suite tersebut menjadi aplikasi gratis yang paling sering diunduh. Microsoft Word menjadi yang paling laris, sementara Excel, Powerpoint, dan OneNote mengikuti di belakangnya.

Dikutip dari Recode (29/3/2014), hal tersebut menjadi pertanda bagus bagi Microsoft. Sebab, kerja keras mereka bertahun-tahun menyiapkan Office di platform iOS disambut baik oleh pengguna iPad. Terlebih lagi, Office untuk iPad bisa menyingkirkan aplikasi sejenis lain seperti Quip, Evernote, dan aplikasi office milik Apple sendiri, iWorks.

Selain itu, Word dan Excel dalam Office untuk iPad ternyata juga masuk dalam aplikasi berbayar populer (top grossing apps). Hal ini berarti sejumlah orang rela membayar untuk mendapatkan fitur lebih dalam Office for iPad.

Office for iPad menggunakan metode freemium. Pelanggan yang meng-upgrade aplikasi Microsoft tersebut akan mendapatkan fitur-fitur lebih banyak, seperti kemampuan mengedit dokumen. Sementara versi gratisnya hanya bisa digunakan untuk membuka dan membaca dokumen saja.

Recode.net Office for iPad menjadi aplikasi gratis terlaris di platform iOS

Walau demikian, debut Office for iPad di platform iOS juga memiliki kendala bug. Pada Jumat (28/3/2014), atau sehari setelah diluncurkan, situs Ubergizmo menemukan bug dalam aplikasi Office for iPad.

Bug tersebut muncul bagi pengguna yang masih mengandalkan SharePoint 2010. Platform editing kolaboratif tersebut measih mengandalkan kontrol ActiveX untuk mengakses dokumen, sementara perangkat Apple iOS telah menanggalkan plug-in tersebut. Microsoft telah menyediakan panduan untuk mengatasi masalah tersebut di situs resminya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.