April Mop, Google Buka Lowongan Pokemon Master

Kompas.com - 01/04/2014, 10:23 WIB
Tokoh-tokoh Pokemon di Google Maps oik yusuf/ kompas.comTokoh-tokoh Pokemon di Google Maps
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Tokoh-tokoh Pokemon di Google Maps

KOMPAS.com - Menjelang tanggal 1 April 2014, Google membuka "lowongan pekerjaan" baru. Nama posisinya? Pokemon Master alias pelatih tokoh monster-monster imut dari franchise video game Nintendo, Pokemon.

Syarat mengajukan lamaran hanya satu. Sang kandidat harus berhasil menangkap 150 ekor tokoh Pokemon atau ("Pocket Monster") yang ditebar di seluruh dunia melalui layanan peta Google Maps.

Caranya adalah dengan membuka aplikasi Google Maps versi terbaru dari perangkat Android atau iOS, lalu memilih kolom "search". Dari sini akan muncul sebuah opsi baru bernama "Press start".

Setelah menekan "start", pengguna bisa langsung mencari tokoh-tokoh Pokemon yang tersebar di berbagai penjuru peta lalu "menangkapnya" dengan cara menekan icon tokoh pokemon lalu memilih opsi "catch".

oik yusuf/ kompas.com Pokedex dalam Google Maps menyajikan statistik Pokemon apa saja yang sudah tertangkap


Mereka hanya akan muncul pada tingkatan zoom tertentu sehingga pengguna harus menelurusi peta dengan teliti.

Sebagian Pokemon berada di lokasi-lokasi landmark dunia seperti patung Liberty, Amerika Serikat, dan kota-kota besar, termasuk Jakarta. Ada pula rumah-rumah bergaya Pokemon dan "Pokemon Lab" yang berlokasi di Sydney Australia. 

KompasTekno bahkan sempat menemukan Pokemon jenis Steelix di Jakarta, tepatnya di sekitar jalan Dr. Saharjo, Tebet.

Pengguna bisa melihat Pokemon apa yang sudah ditangkap dan mana saja yang masih tersisa dengan mengunjungi "Pokedex", juga dari menu search Google Maps.

Pengguna yang tertarik melamar posisi Pokemon Master diberi waktu hingga tanggal 2 April pukul 14.00 waktu Timur Amerika Serikat untuk menangkap ke-150 Pokemon yang tersebar. Mereka yang berhasil akan diundang ke Googleplex untuk mengikuti proses seleksi tahap akhir.

Deskripsi pekerjaan "Pokemon Master" tak dijelaskan lebih lanjut. Pada akhir video promosi di bawah, Google menyertakan disclaimer dan mengarahkan pemirsa ke laman lowongan pekerjaan resminya.

Lowongan itu tentu saja cuma bohong-bohongan, karena lowongan ini dirilis pada 1 April yang merupakan tanggal iseng atau April Mop. Meski begitu, mencari Pokemon lewat Google Maps ternyata lumayan menantang. Tertarik mencoba?



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X