Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalahkan CEO Apple, Berapa Gaji Bos Samsung?

Kompas.com - 01/04/2014, 10:50 WIB
Aditya Panji

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com — Co-CEO dan Kepala Bisnis Perangkat Mobile Samsung, JK Shin, menerima paket kompensasi sebesar 5,8 juta dollar AS (sekitar Rp 65 miliar) pada tahun 2013. Angka tersebut mengalahkan bayaran yang diterima CEO Apple, Tim Cook.

Dalam sebuah laporan resmi, Samsung mengatakan bahwa paket yang diterima Shin tersebut sudah termasuk gaji pokok sebesar 1,09 juta dollar AS dan 1,5 juta dollar AS untuk insentif dan bonus kinerja.

Sebagai perbandingan, CEO Apple Tim Cook menerima 4,250 juta dollar AS pada tahun 2013 atau naik dari pendapatannya sebesar 4,170 juta dollar AS pada 2012.

Kendati demikian, Cook memiliki gaji yang terpisah dengan hibah saham tahunan Apple, sementara Shin tidak memiliki opsi saham di Samsung.

Shin terbilang sukses dalam memimpin bisnis perangkat mobile Samsung. Sejak dipimpin oleh Shin pada 2009, Samsung meluncurkan ponsel pintar dan tablet seri Galaxy yang membantu perusahaan Korea Selatan dalam menggeser bisnis perangkat mobile Apple. Kini Shin juga memperluas bisnis mobile Samsung dengan membuat jam tangan pintar.

Namun, saat dipimpin oleh Shin pula, Samsung terjebak dalam litigasi hak paten dengan Apple di beberapa negara. Produk seri Galaxy digugat oleh Apple karena dinilai meniru tampilan dan fitur yang ada di iPhone dan iPad.

Shin bukanlah petinggi yang mendapat gaji terbesar di Samsung. Di atasnya masih ada CEO dan Chairman Samsung, Kwon Oh-hyun, yang juga memimpin bisnis komponen, menerima sekitar 6,35 juta dollar AS pada 2013.

Sementara Co-CEO ketiga Samsung, Yoon Boo-keun, yang memimpin bisnis produk elektronik untuk konsumen, menerima sekitar 4,77 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com