Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Charger Meledak, Pemilik iPhone Harus Dioperasi

Kompas.com - 01/04/2014, 13:20 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber foxnews

KOMPAS.com - Kasus kecelakaan saat menggunakan iPhone kembali terjadi. Seperti biasa, kecelakaan meledaknya iPhone tersebut dipicu oleh penggunaan aksesori "KW" alias non-orisinal.

Walau berkali-kali Apple telah memperingatkan pengguna untuk selalu memakai aksesori asli, seperti charger, namun Tim Tyrell, pria yang tinggal di negara bagian Minnesota, AS tersebut tidak menggubrisnya.

Akibatnya, telapak tangan kiri Tyrell terluka saat charger iPhone yang dipegangnya meledak. Charger yang digunakan bukan bawaan Apple alias non-orisinal.

Bercerita kepada Fox 9 News, Senin(31/3/2014), Tyrell mencoba berhemat dengan membeli charger iPhone 5 bekas melalui situs lelang eBay. Namun, charger tersebut justru malah membawa malapetaka baginya.

"Kejadiannya sangat cepat," ujar Tyrell. Charger iPhone tersebut meledak dan telapak tangan kirinya mengalami luka bakar. Tyrell harus dirawat selama sepekan di rumah sakit setempat untuk menyembuhkan lukanya.

"Charger-nya menjadi hitam, tepat di tempat kabel USB tersebut terhubung dengan colokan listrik, ada ledakan kecil," ceritanya. "Jari bagian dalam saya jadi memar," mbuh Tyrell.

Luka bakar akibat charger bekas tersebut belakangan menjadi infeksi. Tangan Tyrell harus dioperasi tiga kali untuk mencegah infeksi meluas. Lebih parah lagi, penyakit diabetes yang diderita Tyrell juga memperlambat pemulihan luka tersebut.

Tyrell sendiri mengaku memiliki charger orisinil Apple, namun ia enggan menggunakannya, karena jika rusak, ia harus membeli lagi dengan harga yang mahal.

"Saya punya wall charger dan car charger yang harganya sekitar 10 dollar AS, dibandingkan charger asli yang harrganya bisa mencapai 25-30 dollar AS di toko resmi Apple," certa Tyrell.

Kejadian seperti di atas sudah tidak asing lagi bagi pengguna iPhone. Apple juga telah mengetahui efek penggunaan aksesori non orisinil. Bahkan, Apple sampai menawarkan kabel USB setengah harga jika pengguna ingin menukar kabel yang lama.

Apa yang dialami Tyrell dan kasus-kasus serupa sebelumnya hendaknya menjadi pelajaran bagi pengguna Apple lainnya. Mereka dihimbau untuk menggunakan aksesori asli. Selain itu, ada pula aksesori pihak ketiga yang telah mendapatkan sertifikasi dari Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber foxnews

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com