Kompas.com - 01/04/2014, 15:51 WIB
BlackBerry Bold 9900 BlackBerryBlackBerry Bold 9900
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - BlackBerry 10 memperkenalkan antarmuka gaya baru yang sangat berbeda dibandingkan sistem operasi sebelumnya dari BlackBerry. Sistem operasi ini menghilangkan beberapa elemen tradisional ponsel BlackBerry seperti tombol fungsi dan trackpad serta sangat bergantung pada navigasi berbasis sentuhan.

Di samping model full-touchscreen, BlackBerry pun memiliki ponsel BlackBerry 10 papan atas dengan keyboard QWERTY, yaitu Q10 yang menjadi penerus seri Bold sebelumnya.

Kendati telah memiliki andalan baru tersebut, BlackBerry minggu lalu mengumumkan bakal memproduksi kembali smartphone seri Bold 9900, model flagship yang pertama kali muncul pada 2011. Ada apa gerangan?

Rupanya, tak semua orang suka dengan perubahan antarmuka yang diusung oleh BlackBerry 10. Hal tersebut diterangkan sendiri oleh CEO BlackBerry John Chen dalam wawancara dengan CBCNews yang dikutip oleh BGR.

Chen menjelaskan bahwa pengguna merasa kehilangan produktivitas karena BlackBerry menghilangkan sabuk navigasi (bagian di bawah layar yang berisi trackpad, tombol panggilan, tombol fungsi dan tombol "back") pada ponsel BlackBerry 10, termasuk Q10.

"Keyboard memang penting. Tapi kalau begitu kenapa Q10 kurang sukses? Sebabnya adalah 'sabuk' itu," kata Chen. "Jadi, kami tak hanya mengembalikan sabuk tersebut, tapi turut menghadirkan kembali beberapa elemen interface yang disukai pengguna pada Bold seperti fungsi cut and paste," imbuh dia lagi.

Bold 9900 yang bakal diproduksi kembali adalah ponsel berbasis sistem operasi BlackBerry OS 7 yang lawas. Smartphone ini pun masih memiliki bagian 'sabuk' navigasi di bawah layarnya seperti yang disebut Chen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perangkat lama berbasis OS 7 dari BlackBerry memang masih jauh lebih populer dibanding platform OS 10 yang menjadi andalan baru perusahaan itu. Pada kuartal fiskal empat yang laporannya dirilis minggu lalu, misalnya, BlackBerry menyebutkan bahwa, dari 3,4 juta perangkat yang terjual, 2,3 juta diantaranya merupakan perangkat OS 7.

Ketimbang menggencarkan promosi BlackBerry 10, Chen  lebih memilih mengambil langkah pragmatis dengan memanfaatkan popularitas produk lama. Bold 9900 pun segera dibangkitkan kembali sebagai produk perantara antara Q10 dan Q20.

Model yang disebut terakhir itu merupakan perangkat BlackBerry 10 yang disebut Chen bakal dilengkapi fitur-fitur ala Bold, termasuk trackpad dan tombol-tombol fungsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.