Kompas.com - 02/04/2014, 17:05 WIB
Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg Kimihiro Hoshino/AFPPendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com — Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg tercatat sebagai orang terkaya nomor 22 di dunia menurut Bloomberg Billionaires Index. Namun, ternyata Zuckerberg menerima gaji yang sangat kecil.

Menurut laporan yang diberikan Facebook kepada Komisi Sekuritas dan Bursa Saham Amerika Serikat, Zuckerberg hanya menerima gaji 1 dollar AS pada 2013. Angkat itu turun drastis dari gaji pokoknya sebesar 503.205 dollar AS pada 2012, tahun ketika Facebook dalam transisi dari perusahaan privat menuju perusahaan publik.

Zuckerberg mengikuti jejak para pendiri perusahaan teknologi di Silicon Valley yang memilih untuk mengambil gaji tahunan 1 dollar AS setelah mereka kaya-raya. Itu bisa disebut sebagai "gaji simbolis".

Orang-orang kaya dari perusahaan teknologi yang melakukan hal itu antara lain pendiri Apple, Steve Jobs, serta dua pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin. Meski gaji simbolisnya sangat kecil, tetapi mereka memiliki saham ekuitas yang cukup besar dari perusahaan yang mereka dirikan.

Zuckerberg tercatat memiliki total kekayaan sekitar 27 miliar dollar AS dan memiliki 61,6 persen saham Facebook. Saat ini per lembar saham Facebook dihargai 62,62 dollar AS, meningkat lebih dari satu setengah kali lipat dibandingkan Mei 2012 ketika perusahaan itu menjual saham perdananya ke publik seharga 38 dollar AS per lembar.

Pesawat pribadi

Total kompensasi yang diterima Zuckerberg pada 2013 adalah 653.165 dollar AS, turun dari 1,99 juta dollar AS pada tahun 2012. Pendapatan itu ia gunakan salah satunya untuk membiayai kebutuhan pesawat pribadi, mulai dari bahan bakar, kru, hingga katering.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Zuckerberg merasa membutuhkan pesawat pribadi untuk alasan keamanan dan kebutuhan pribadinya.

Pria 29 tahun itu berkomitmen meningkatkan pelayanannya kepada publik dan aktif dalam kegiatan filantropi, termasuk membentuk organisasi Internet.org yang punya misi menghubungkan seluruh umat manusia dengan internet.

Pada Desember 2013, Zuckerberg menjual 41.350.000 lembar saham yang ia miliki, atau senilai 23 miliar dollar AS. Hasil penjualan itu akan digunakan untuk membantu Facebook membayar kewajiban pajak. Ia juga menjual sekitar 18 juta lembar saham untuk kegiatan amal.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.