Kompas.com - 03/04/2014, 09:02 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com — Jaringan operator seluler Indosat sedang mengalami gangguan sejak Kamis dini hari sekitar pukul 02.00 WIB dan masih terjadi hingga Kamis pagi (3/4/2014). Sebagian besar pelanggan melaporkan ponsel mereka tidak mendapatkan sinyal sehingga mereka sulit berkomunikasi.

Para pelanggan mengeluhkan gangguan itu melalui media sosial Twitter. Mereka tidak bisa mengakses layanan data (internet), melakukan panggilan telepon, dan berkirim pesan singkat.

"Buat pengguna Indosat yang sejak kemarin malam serasa tanpa ponsel, yang tabah ya. Memang ada gangguan massal," tulis pengguna Twitter dengan akun @herrysw yang berada di Surabaya.

Pelanggan yang berada di Sukabumi juga mengalami hal serupa. "8:27 WIB 3 April 2014 jaringan INDOSAT di #Sukabumi masih ERROR ada apa yah?" tanya seorang pengguna Twitter dengan akun @d3d1s.

Akun Twitter @IndosatCare, yang khusus melayani keluhan pelanggan via Twitter, mengakui bahwa Indosat sedang "mengalami kendala jaringan".

Apakah yang sebenarnya sedang terjadi dengan Indosat? KompasTekno sudah menghubungi pihak Indosat, tetapi tidak segera mendapat balasan.

Update 1: Pada saat yang hampir bersamaan dengan tumbangnya jaringan Indosat, firma internet BGPMon melaporkan Indosat telah "membajak" alamat IP prefix perusahaan-perusahaan di AS, salah satunya Apple. Apakah ini berkaitan dengan penyebab tumbangnya layanan Indosat? (Baca: Inikah Penyebab Matinya Jaringan Indosat?)

Update 2: Indosat akhirnya memberikan pernyataan resmi terkait gangguan layanannya hari ini. Indosat menyebutkan, gangguan terjadi akibat adanya anomali trafik di jaringannya. Selengkapnya baca, "Jaringan Mati, Indosat Sebut Ada Anomali Trafik".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.