Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat Alami Gangguan Jaringan

Kompas.com - 03/04/2014, 09:02 WIB
Aditya Panji

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Jaringan operator seluler Indosat sedang mengalami gangguan sejak Kamis dini hari sekitar pukul 02.00 WIB dan masih terjadi hingga Kamis pagi (3/4/2014). Sebagian besar pelanggan melaporkan ponsel mereka tidak mendapatkan sinyal sehingga mereka sulit berkomunikasi.

Para pelanggan mengeluhkan gangguan itu melalui media sosial Twitter. Mereka tidak bisa mengakses layanan data (internet), melakukan panggilan telepon, dan berkirim pesan singkat.

"Buat pengguna Indosat yang sejak kemarin malam serasa tanpa ponsel, yang tabah ya. Memang ada gangguan massal," tulis pengguna Twitter dengan akun @herrysw yang berada di Surabaya.

Pelanggan yang berada di Sukabumi juga mengalami hal serupa. "8:27 WIB 3 April 2014 jaringan INDOSAT di #Sukabumi masih ERROR ada apa yah?" tanya seorang pengguna Twitter dengan akun @d3d1s.

Akun Twitter @IndosatCare, yang khusus melayani keluhan pelanggan via Twitter, mengakui bahwa Indosat sedang "mengalami kendala jaringan".

Apakah yang sebenarnya sedang terjadi dengan Indosat? KompasTekno sudah menghubungi pihak Indosat, tetapi tidak segera mendapat balasan.

Update 1: Pada saat yang hampir bersamaan dengan tumbangnya jaringan Indosat, firma internet BGPMon melaporkan Indosat telah "membajak" alamat IP prefix perusahaan-perusahaan di AS, salah satunya Apple. Apakah ini berkaitan dengan penyebab tumbangnya layanan Indosat? (Baca: Inikah Penyebab Matinya Jaringan Indosat?)

Update 2: Indosat akhirnya memberikan pernyataan resmi terkait gangguan layanannya hari ini. Indosat menyebutkan, gangguan terjadi akibat adanya anomali trafik di jaringannya. Selengkapnya baca, "Jaringan Mati, Indosat Sebut Ada Anomali Trafik".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com