Perkenalkan Cortana, Saingan Siri dan Google Now

Kompas.com - 03/04/2014, 10:33 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Empat tahun setelah kemunculan Siri dari Apple, Microsoft akhirnya memperkenallan aplikasi personal assistant Cortana untuk platform Windows Phone 8.1 dalam acara konferensi developer Build di San Francisco, Rabu (2/4/2014) kemarin.

Cortana yang namanya diambil dari tokoh hologram di game Halo ini dimotori oleh Bing dan bakal menggantkan fungsi pencarian standar di Windows Phone. Ia bisa diakses melalui sebuah Live Tile khusus.

Di samping membuat panggilan telepon dan menulis SMS, sebagaimana dilaporkan oleh Time, Cortana bisa diminta melakukan hal lain seperti membuat reminder, jadwal pertemuan, alarm, memberi informasi cuaca, hasil pertandingan olahraga, sampai meluncurkan aplikasi.

Aplikasi ini pun bisa diberikan akses ke e-mail agar dapat mengingatkan si empunya perangkat mengenai hal-hal seperti jadwal pesawat.

Seperti Siri, suara Cortana yang "berjenis kelamin" perempuan diisi oleh aktris wanita. "Kepribadian" kedua asisten persoanal ini pun mirip. Ketika ditanya mengenai Siri, Cortana menjawab, "Sejauh ini, percakapan kami masih terasa satu sisi." Dia juga menyebut Bill Gates sebagai "bapaknya".

Cortana pada awalnya akan datang dalam versi beta pada ponsel Windows Phone 8.1. Pembaruan sistem operasi tersebut bakal mulai disalurkan pada akhir April atau Mei mendatang.

Microsoft menyadari bahwa Cortana bukanlah satu-satunya software personal assistant yang ada saat ini, ataupun yang satu-satunya. Apple telah lebih dulu memiliki Siri, begitupun pengguna Android dengan Google Now.

Kedua pesaingnya itu turut disisipkan dalam sebagian naskah dialog Cortana. "Kami (Cortana) akan dibanding-bandingkan secara kompetitif," ujar manajer program Cortana, Marcus Ash, yang dikutip oleh Recode. "Kami ingin menghormati, tapi juga mau bersenang-senang sedikit".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Time,Re/code
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.