"Jembatan" untuk Pengembang Aplikasi Windows

Kompas.com - 03/04/2014, 15:49 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Satya Nadella, CEO baru Microsoft, memberikan pidatonya di hadapan para developer peserta Microsoft Build 2014, di San Francisco, Rabu (2/4/2014). Pada kesempatan tersebut, Nadella meminta para developer Windows untuk tetap percaya kepada Microsoft.

"Mengapa Anda harus membuat aplikasi dalam Windows? Karena kami akan berinovasi, dan inovasi tersebut akan menyentuh semua dimensi," ujar Nadella seperti dikutip dari Cnet, Kamis (3/4/2014).

Dengan berbusana t-shirt dan celana jeans, Nadella mengatakan bahwa Microsoft bakal menyediakan tools yang dibutuhkan developer untuk bersaing dalam membuat aplikasi lintas platform.

Tools tersebut adalah Universal Windows Apps yang memungkinkan satu kode program bisa untuk menghasilkan aplikasi untuk perangkat yang berbeda, seperti smartphone, laptop/PC, dan tablet.

Jadi, pengembang aplikasi Windows Phone cukup menulis satu kode program untuk digunakan di beragam perangkat. Sebelumnya, developer harus menulis tiga kode program yang berbeda untuk satu aplikasi agar bisa digunakan di ponsel, PC, dan tablet.

Dalam pidatonya selama 22 menit tersebut, Nadella juga menyebut bahwa masa sekarang ini menjadi masa-masa yang penting dan menggairahkan bagi para developer dalam hal kesempatan dan kreativitas membuat aplikasi.

Pasalnya, walau Windows Phone masih seperti anak tiri dalam persaingan antara Google Android dan Apple iOS, namun para pengamat memprediksi bahwa platform Windows Phone menjadi platform yang perkembangannya paling pesat di tahun ini.

Corporat Vice President Operating System Group Microsoft, David Treadwell menambahkan, "Kami tahu Anda telah mengeluarkan investasi banyak untuk membuat aplikasi, dan aplikasi tersebut kini membutuhkan jembatan." Universal Windows Apps inilah jembatan yang dimaksud Treadwell.

Dengan "jembatan" tersebut, maka pengguna OS Windows memiliki pengalaman yang sama saat mengakses satu aplikasi dengan beragam perangkat, seperti smartphone, tablet, atau PC/laptop.

Selain itu, CEO Microsoft, Satya Nadella juga mengatakan bahwa akan ada perangkat dengan bentuk yang sama sekali baru. Hal tersebut diakibatkan karena evolusi yang terjadi dalam produksi prosesor. Nadella mengatakan, Microsoft bermaksud memberikan kesempatan sebesar-besarnya ke para developer di segmen pasar baru yang menurutnya akan berkembang tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.