Mati 15 Jam, Jaringan Indosat Kembali Normal

Kompas.com - 03/04/2014, 17:29 WIB
Indosat KONTAN/ Cheppy A. MuchlisIndosat
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melakukan perbaikan selama kurang lebih 15 jam, Indosat mengatakan jaringannya sudah pulih sepenuhnya setelah mengalami gangguan sejak Kamis dini hari (3/4/2014) pukul 01.25 WIB di seluruh Indonesia.

Perusahaan mengklaim saat ini layanan seluler maupun layanan korporasi berbasis data, dapat dinikmati kembali secara normal.

“Kami selalu mengedepankan para pelanggan kami, sejak tadi malam kami sudah melakukan analisa dan perbaikan sehingga saat ini semua sudah kembali normal," kata Presiden Direktur dan CEO Indosat, Alexander Rusli, dalam siaran pers yang diterima KompasTekno.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Indosat mengatakan bahwa terdapat dua masalah yang mereka hadapi dalam gangguan kali ini. Pertama, error pada IP Router Table ke jaringan internasional sehingga menyebabkan benturan IP Address, namun masalah ini sudah dapat diselesaikan pada pukul 03.45 WIB, Kamis dini hari tadi.

Masalah yang kedua terdapat pada layanan sistem jaringan nasional baik seluler maupun korporasi yang mengakibatkan gangguan komunikasi, namun hal ini telah teratasi secara total pada saat pernyataan ini dikeluarkan.

Indosat membantah kabar yang mengatakan bahwa gangguan kali ini disebabkan karena adanya aktivitas yang berhubungan dengan pembajakan layanan data dan seluler.

Jika pelanggan masih mengalami gangguan dan ingin melaporkan hal itu, dapat menghubungi 111 dari nomor Matrix dan nomor 100 dari nomor Mentari dan IM3.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.