Kompas.com - 04/04/2014, 09:58 WIB
Cetakan-cetakan batik cap aneka pola menghiasi logo Google di kantornya di Indonesia Oik Yusuf/Kompas.comCetakan-cetakan batik cap aneka pola menghiasi logo Google di kantornya di Indonesia
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Google dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk menjadi operator jaringan mobile virtual (mobile virtual network operator/MVNO) agar dapat menjalankan jaringan nirkabel sendiri.

Seorang sumber mengatakan kepada The Information, Kamis (3/4/2014), bahwa para petinggi Google telah membahas rencana untuk menawarkan layanan nirkabel di daerah yang sudah terpasang Google Fiber, sebuah layanan berbasis teknologi serat optik yang menawarkan akses internet kecepatan tinggi dan siaran televisi di Amerika Serikat.

Jaringan Google Fiber telah dibangun di Kansas City, Missouri, dan di Provo, Utah. Perusahaan juga berencana membangun di Austin, Texas, dalam waktu dekat. Google telah memilih 34 kota lain yang bakal dibangun jaringan fibernya untuk ekspansi masa depan.

Dengan menjadi MVNO, Google akan membeli akses dari operator jaringan mobile (mobile network operator/MNO) yang lebih besar dan menjual layanan dengan harga grosir kepada pelanggannya.

Spekulasi yang beredar mengatakan, jaringan nirkabel Google akan tergantung pada titik akses Wi-Fi yang dibangun di atas jaringan Google Fiber.

Google sudah membicarakan kemungkinan ini kepada perusahaan telekomunikasi Verizon pada awal 2014, dan juga berbicara dengan Sprint pada awal 2013.

Akan tetapi, langkah ini sebenarnya akan memperumit hubungan Google dengan operator telekomunikasi besar di AS karena keduanya akan bersaing langsung menawarkan jaringan nirkabel. Hal ini terlihat dari reaksi operator telekomunikasi AT&T yang dengan segera memasang jaringan serat optik kecepatan tinggi di Austin pada akhir 2013, beberapa saat setelah Google mengumumkan bakal membangun Google Fiber di kawasan itu.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.