Kompas.com - 04/04/2014, 11:31 WIB
Tampilan tombol Start menu yang akan dihadirkan Microsoft dalam updtae Windows 8.1 selanjutnya blogs.windows.comTampilan tombol Start menu yang akan dihadirkan Microsoft dalam updtae Windows 8.1 selanjutnya
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Microsoft mengonfirmasi kehadiran tombol Start Menu dalam Windows 8.1. Kepastian tersebut diungkap oleh Microsoft Executive Vice President of Operating Systems Group Terry Myerson.

Namun, tombol tersebut belum akan tersedia dalam Windows 8.1 Update yang akan dirilis 8 April mendatang.

Berbicara di ajang Microsoft Build pada Rabu (2/4/2014), Myerson mengatakan bahwa Microsoft akan menghadirkan tombol Start tersebut untuk update Windows 8.1 berikutnya di masa mendatang. Pernyataan Myerson tersebut tidak merinci kapan tombol Start Menu itu akan hadir, apakah dalam Update 2 atau malah langsung di Windows 9.

"Kami berupaya memberikan pengalaman desktop sebaik mungkin dan membuat aplikasi bisa diakses dan disukai penyuka desktop Windows," ujar Myerson dalam pidatonya, seperti dikutip dari Tech Radar.

Walau demikian, Myerson sedikit berbaik hati dengan menampilkan seperti apa tombol Start menu tersebut nantinya. Dalam gambar presentasinya, toombol Start menu yang diperkenalkan Myerson menyerupai gabungan dari tombol Start menu di Windows 7 dan 8.

Tombol Start yang berada di ujung paling kiri taskbar dengan logo Windows yang baru tersebut jika diklik akan memunculkan deretan shortcut aplikasi-aplikasi layaknya Windows 7 yang kita kenal selama ini.

Namun, di bagian kanan deretan shortcut tersebut, Microsoft juga memberikan tampilan live tiles layaknya antarmuka Metro Windows 8.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Layar tersebut juga memiliki elemen antarmuka Metro lain, seperti shortcut ke toko aplikasi Windows Store, e-mail, Calendar, serta informasi cuaca.

Selain itu, tombol Search dan Power kini juga diletakkan dalam Start menu, sehingga pengguna tak harus repot "menggali" antarmuka menu untuk menemukan kedua tombol itu, seperti yang selama ini harus dilakukan dengan Windows 8.

Dengan gabungan antara menu Windows 7 dan 8, Microsoft berharap bisa mengakomodasi pengguna yang melakukan navigasi sistem operasinya baik dengan tetikus maupun jari (layar sentuh).

Walau rencana Microsoft menghadirkan tombol Start menu ini masih "menggantung",  Myerson mengungkapkan optimismenya. "Saya rasa banyak yang akan senang menyambutnya," tutur Myerson.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Tech Radar
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.