Kompas.com - 04/04/2014, 14:55 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Pembajakan game mobile buatan pengembang (developer) Indonesia kembali terjadi. Kali ini, korbannya adalah tiga perusahaan yang membuat game Android, lalu game mereka dicuri dan ditaruh di toko aplikasi Amazon Appstore.

Salah satu game yang dibajak adalah Infectonator buatan Toge Production. Game itu dibajak dengan judul yang sama oleh pihak yang menamakan dirinya "Tuna Fish".

Korban berikutnya adalah Touchten yang membuat game Infinite Sky dan Qajoo Studio dengan game Run Princess Run. Kedua game itu dibajak oleh Banana Games.

Ketiga game tersebut memang tersedia secara resmi di toko aplikasi Android milik Google, yaitu Play Store. Namun, ketiganya tidak pernah tersedia di toko aplikasi Amazon Appstore.

CEO Touchten Anton Soeharyo mengatakan, aksi pencurian ini sangat merugikan pihaknya karena tidak menghargai kekayaan intelektual. "Begitu gampangnya maling-maling intelektual ini mengunduh dan menambahkan Amazon billing system, dan mereka bisa mencari uang begitu saja," kata Anton.

Ia telah melaporkan pembajakan game tersebut kepada pengelola toko aplikasi Amazon Appstore. Pihak Amazon memberi respon cepat dengan menghapus game-game bajakan itu pada Jumat (4/4/2014).

Anton mengingat pengembang aplikasi dan game dari Indonesia tetap waspada terhadap pembajakan karya intelektual. Ia meyakini kasus semacam ini sering dialami oleh pengembang Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.