Kompas.com - 05/04/2014, 17:59 WIB
Facebook Messenger mengalami pembaruan pada Kamis (14/11/2013) FacebookFacebook Messenger mengalami pembaruan pada Kamis (14/11/2013)
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — Facebook memberikan pembaruan untuk layanan pesan instannya, Facebook Messenger di platform Android pada Kamis (3/4/2014). Fitur baru yang layak diperhatikan adalah kemampuan melakukan panggilan telepon melalui koneksi Wi-Fi atau paket data internet.

Selain fitur panggilan telepon melalui internet, dikutip dari Android Authority (3/4/2014), beberapa pembaruan lain yang disertakan Facebook antara lain adalah fitur Groups, lewat fitur itu pengguna kini bisa membuat kelompok percakapan dengan beberapa pengguna.

Fitur Forwarding juga disediakan. Layaknya pesan SMS atau e-mail, pengguna bisa meneruskan percakapan atau foto kepada pengguna lain yang sedang tidak terlibat dalam percakapan.

Facebook juga memberikan shortcut untuk percakapan tertentu. Shortcut ini bisa ditaruh di home screen sehingga pengguna bisa mengakses percakapan tertentu dengan lebih cepat.

Update-update terbaru Facebook Messenger tersebut sudah bisa diunduh melalui Google Play Store.

Dengan kemampuan menelepon melalui koneksi Internet, maka kini Facebook Messenger bisa bersaing dengan layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM).

Fitur panggilan telepon melalui koneksi internet juga sedang disiapkan oleh WhatsApp, seperti yang diungkap CEO Jan Koum di ajang MWC 2014 Februari lalu. Fitur dalam WhatsApp ini dijanjikan lebih hemat bandwidth.

Facebook sendiri masih malu-malu untuk menyebut berapa jumlah pengguna Messenger-nya. Data terakhir yang dirilis Facebook adalah pada September 2012 lalu: pengguna aktif layanan pesan instannya mencapai 56,7 juta per bulannya, 32,3 juta di antaranya menggunakan platform Android.

Namun, pada Januari 2014 lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan jumlah pengguna Facebook Messenger saat itu meningkat 70 persen dalam tiga bulan terakhir.

Dengan demikian, Facebook Messenger ditaksir setidaknya memiliki 50 hingga 75 juta pengguna aktif per bulannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.