Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Braswell, Prosesor Baru Intel untuk Komputer Murah

Kompas.com - 06/04/2014, 13:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com - Intel saat ini mengandalkan prosesor seri Bay Trail untuk perangkat tablet, komputer pribadi, dan laptop murah. Prosesor itu dipasarkan dengan nama Pentium, Celeron, dan Atom.

Minggu ini Intel telah memperkenalkan penerus prosesor tersebut, yaitu "Braswell". Pengumumannya disampaikan dalam acara Intel Developer Forum di Shenzen, China, oleh Wakil Presiden Senior Intel Kirk Skaugen, sebagaimana dilaporkan oleh CNet.

Braswell merupakan system-on-chip (SoC) yang menggabungkan sebagian besar komponen vital di dalam satu prosesor. Chip ini akan dibangun menggunakan proses fabrikasi 14 nanometer yang baru dari Intel.

Braswell yang dibekali pemroses gafis Iris akan memiliki kinerja lebih tinggi dan konsumsi daya yang lebih efisien dibandingkan Bay Trail yang dibangun dengan proses fabrikasi 22 nanometer.

Seperti Bay Trail, Braswell bakal tertanam di produk laptop murah semacam Chromebook dengan sistem operasi Chrome dari Google yang biasanya mematok harga pada kisaran 400 dollar AS.

Intel mengatakan akan mendorong jumlah desain Chromebook yang menggunakan prosesor buatannya menjadi 20 model pada 2014, naik dari hanya 4 model pada tahun 2013.

Selain Braswell, Intel turut memperkenalkan kernel Android 4.4 Kitkat dengan kemampuan 64-bit yang dioptimalkan untuk desain arsitektur prosesor Intel, yaitu x86. Kernel ini akan mendukung pengembangan ekosistem 64-bit untuk perangkat Android generasi berikutnya. Android Kitkat sendiri saat ini merupakan sistem operasi dengan kemampuan 32-bit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com