Braswell, Prosesor Baru Intel untuk Komputer Murah

Kompas.com - 06/04/2014, 13:48 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorAditya Panji

KOMPAS.com - Intel saat ini mengandalkan prosesor seri Bay Trail untuk perangkat tablet, komputer pribadi, dan laptop murah. Prosesor itu dipasarkan dengan nama Pentium, Celeron, dan Atom.

Minggu ini Intel telah memperkenalkan penerus prosesor tersebut, yaitu "Braswell". Pengumumannya disampaikan dalam acara Intel Developer Forum di Shenzen, China, oleh Wakil Presiden Senior Intel Kirk Skaugen, sebagaimana dilaporkan oleh CNet.

Braswell merupakan system-on-chip (SoC) yang menggabungkan sebagian besar komponen vital di dalam satu prosesor. Chip ini akan dibangun menggunakan proses fabrikasi 14 nanometer yang baru dari Intel.

Braswell yang dibekali pemroses gafis Iris akan memiliki kinerja lebih tinggi dan konsumsi daya yang lebih efisien dibandingkan Bay Trail yang dibangun dengan proses fabrikasi 22 nanometer.

Seperti Bay Trail, Braswell bakal tertanam di produk laptop murah semacam Chromebook dengan sistem operasi Chrome dari Google yang biasanya mematok harga pada kisaran 400 dollar AS.

Intel mengatakan akan mendorong jumlah desain Chromebook yang menggunakan prosesor buatannya menjadi 20 model pada 2014, naik dari hanya 4 model pada tahun 2013.

Selain Braswell, Intel turut memperkenalkan kernel Android 4.4 Kitkat dengan kemampuan 64-bit yang dioptimalkan untuk desain arsitektur prosesor Intel, yaitu x86. Kernel ini akan mendukung pengembangan ekosistem 64-bit untuk perangkat Android generasi berikutnya. Android Kitkat sendiri saat ini merupakan sistem operasi dengan kemampuan 32-bit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.