Kompas.com - 06/04/2014, 16:14 WIB
Penulis Aditya Panji
|
EditorAditya Panji
KOMPAS.com - Microsoft telah mengembangkan sistem informasi dan hiburan di dalam mobil sejak beberapa tahun lalu. Kali ini, Microsoft kembali mengembangkan sistem operasi Windows terbaru untuk sistem di mobil.

Dalam konferensi pengembang aplikasi Microsoft Build awal April 2014, Steve Teixeira dari Microsoft memperkenalkan konsep bagaimana sistem operasi Windows dengan tampilan khas bernuansa kotak-kotak, dapat dimanfaatkan pada mobil masa depan.

Konsep ini mirip dengan sistem CarPlay yang dikembangkan Apple, sebuah metode memproyeksikan apa yang ada di layar ponsel atau tablet berbasis iOS ke layar dalam mobil yang memperlihatkan sistem informasi dan hiburan.

Microsoft ingin memperluas fungsi Windows dari ponsel pintar maupun tablet agar diproyeksikan ke layar sentuh di mobil. Jika konsep ini direalisasikan, Microsoft akan memungkinkan pengembang membuat aplikasi yang khusus dirancang untuk Windows di dalam mobil.

Tentu saja, pengembang diimbau membuat aplikasi dengan tampilan antarmuka yang disesuaikan dengan Windows, serta fitur radio, browser, dan peta digital buatan Microsoft ataupun Nokia. Namun, Teixeira tidak menjelaskan kapan konsep itu akan menjadi kenyataan.

Konsep yang dikembangkan Microsoft ini memanfaatkan konektivitas standar MirrorLink, sebuah akternatif yang juga dipakai pada Apple CarPlay.

Produsen mobil seperti Wolkswagen, Honda, Toyota, dan Citroen, juga memanfaatkan MirrorLink pada mobil masa depannya. Bukan hanya itu, teknologi MirrorLink juga dimanfaatkan oleh produsen perangkat audio dan video dalam mobil seperti Alpine dan Pioneer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.