Bocor, Dokumen Internal Google soal Android TV

Kompas.com - 07/04/2014, 13:11 WIB
Tampilan interface Android TV yang dilansir oleh The Verge The VergeTampilan interface Android TV yang dilansir oleh The Verge
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Tampilan interface Android TV yang dilansir oleh The Verge

KOMPAS.com - Android mungkin akan kembali merambah perangkat TV. Bukan sebagai sebuah sistem operasi "TV pintar", melainkan perangkat set-top box macam Apple TV atau Roku dari Amazon.

Hal tersebut diungkapkan oleh bocoran internal Google yang dikutip dalam laporan The Verge. Seperti perangkat-perangkat sejenis yang sudah ada, Android TV bakal menayangkan konten digital dari layanan-layanan, seperti YouTube dan Netflix di layar TV.

Google sebenarnya telah memiliki platform serupa bernama Google TV yang diperkenalkan pada 2010,  namun Android TV berbeda dalam hal pengoperasian yang sengaja dibuat mudah dan sederhana.

"Android TV adalah antarmuka hiburan, bukan platform komputer," tulis Google dalam dokumen yang bersangkutan "Tujuannya mencari dan menikmati konten semudah mungkin".

Raksasa internet ini pun disebutkan meminta developer membuat aplikasi TV yang sangat sederhana untuk Android TV. Antarmuka Android TV bakal terdiri dari tampilan "kartu" yang masing-masing berisi sebuah kategori seperti film, aplikasi, dan game.

Di baliknya berjalan sebuah sistem operasi Android yang "diasingkan" dengan membuang fungsi-fungsi yang tidak diperlukan untuk Android TV, seperti kamera, touchscreen, dan panggilan telepon. Google juga menjelaskan bahwa proses navigasi dari menu utama ke konten tak akan lebih panjang dari "tiga klik".

Google sendiri sebenarnya sudah memiliki produk dongle Chromecast yang menawarkan fungsi mirip. Bedanya, Chromecast dikendalikan lewat ponsel atau perangkat komputer lain sementara Android TV merupakan perangkat yang berdiri sendiri dan dikontrol dengan remote.

Belum ada informasi kapan Google akan memperkenalkan produk yang menggantikan Google TV sebagai upaya bersaing di ruang keluarga ini. Namun, ada kemungkinan bahwa Android TV akan muncul perdana pada konferensi Google I/O Juni mendatang.



Sumber The Verge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X