Kompas.com - 08/04/2014, 07:57 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Salah satu slide dalam dokumen internal Apple yang diungkapkan oleh Samsung

KOMPAS.com — Sengketa paten Apple-Samsung, yang tengah memasuki babak kedua, turut mengungkap sejumlah fakta menarik. Salah satunya adalah kumpulan slide untuk pertemuan internal Apple tahun 2013 yang membahas strategi untuk 2014.

Di dalam slide yang penampilannya mirip dengan presentasi saat peluncuran iPhone itu, Apple menjelaskan tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pasar pada masa depan.

Sebuah kalimat pendek merangkum permasalahan yang menghadang Apple. Bunyinya, "Konsumen menginginkan (barang) yang kita (Apple) tidak punya".

Maksudnya, sebagaimana dijelaskan dalam slide yang dikutip oleh Re/code itu, Apple menangkap kecenderungan bahwa pertumbuhan smartphone semakin mengarah ke jenis perangkat yang murah dan berukuran lebar (lebih lebar dari iPhone).

Apple tak memiliki tawaran perangkat yang "murah" dan "lebar" sementara pertumbuhan iPhone yang selama ini menjadi smartphone andalan berangsur menurun dari tahun ke tahun.

Turut digarisbawahi, kecenderungan operator seluler rekanan Apple untuk membatasi penjualan iPhone karena beberapa hal, antara lain pangsa pasar yang sudah tinggi, subsidi yang memberatkan, dan "kebijakan yang tidak bersahabat".

Di sisi lain, kompetitor —ditandai dengan gambar robot Android— disebutkan telah meningkatkan kualitas hardware dan ekosistem, serta membelanjakan "sejumlah besar" uang untuk kegiatan pemasaran. Tak jelas, produsen mana yang dimaksud Apple sebagai "kompetitor" di sini.

Kumpulan slide tersebut merupakan bagian dari rangkaian dokumen yang dibawa ke permukaan oleh Samsung, lawan Apple dalam pengadilan sengketa paten. Dokumen lain yang turut diungkap termasuk e-mail internal Steve Jobs yang mengobarkan "perang" pada Google.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Re/code
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.