Di Tiongkok, Windows XP Masih Tetap "Hidup"

Kompas.com - 10/04/2014, 10:56 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Microsoft telah menghentikan dukungan teknis dan pembaruan terhadap sistem operasi Windows XP pada 8 April 2014. Namun di Tiongkok, dukungan teknis terhadap Windows XP masih berjalan, meskipun bukan berasal dari Microsoft.

Microsoft bermitra dengan Lenovo Group dan Tencent Holdings untuk menyediakan layanan keamanan bagi pengguna sistem operasi Windows XP di Tiongkok, termasuk perlindungan informasi dan perbaikan sistem dari serangan virus.

Tencent berkomitmen memberi dukungan permanen secara gratis pada Windows XP dan telah mendirikan layanan via telepon dalam 24 jam.

"Untuk pengguna domestik yang terus memakai Windows XP sebelum upgrade ke sistem operasi baru, kami telah memprioritaskan untuk memberi perlindungan keamanan," kata Microsoft seperti dikutip dari Reuters, Rabu (9/4/2014).

Menurut data Zhongguancun Online, sekitar 200 juta pengguna di Tiongkok masih memakai Windows XP, atau 70 persen dari pasar komputer di sana.

Meski menjalin kemitraan dengan Lenovo dan Tencent, Microsoft tentu berharap para pengguna Windows XP di Tiongkok bisa meningkatkan pemakaian sistem operasi komputernya menuju Windows 7 atau Windows 8.

Microsoft berpendapat, Windows XP yang telah berusia 13 tahun rentan terhadap virus dan peretasan keamanan sistem komputer. Selain itu, mendorong pengguna untuk memperbarui sistem operasi juga dapat mengurangi pembajakan peranti lunak Microsoft di Negeri Tirai Bambu itu.



Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X