Kompas.com - 11/04/2014, 13:02 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Kurang lebih satu bulan setelah pengumumannya, chip seri AM1 secara resmi diluncurkan oleh AMD. Prosesor ini merupakan Accelerated Processing Unit (APU) seri "Kabini" untuk PC desktop yang dipasarkan dengan nama Athlon dan Sempron.

Menurut keterangan tertulis yang diterima Kompas Tekno, ada empat model prosesor AM1 yang diluncurkan, yaitu Athlon 5350, Athlon 5150, Sempron 3850, dan Sempron 2650.

Athlon 5350 merupakan model teratas yang dibekali 4 buah inti dan dibanderol seharga 59 dollar AS. Sementara, Sempron 2650 adalah model entry-level dengan 2 core dan harga 31 dollar AS. Keempat prosesor memiliki rating daya rendah sebesar 25 watt.

Prosesor seri AM1 dari AMD merupakan paket System-on-Chip (SoC) yang memadukan beberapa komponen vital komputer dalam satu kemasan. Keempat prosesor ini, misalnya, menggabungkan core CPU seri "Jaguar" dengan pengolah grafis (GPU) berbasis arsitektur Graphics Core Next.

AM1 sendiri ditujukan sebagai lawan seri prosesor Atom (BayTrail) dari Intel. Bedanya, chip AM1 yang diluncurkan kali ini datang dalam kemasan socket alias tidak disolder ke motherboard seperti kebanyakan SoC lainnya, termasuk seri awal AM1 yang ditujukan bagi perangkat laptop.

Konsumen pun bisa melakukan upgrade prosesor AM1 dengan cara yang sama seperti prosesor desktop, yaitu melepas prosesor dari socket dan menggantinya dengan chip yang dikehendaki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.