Facebook "Makan" Baterai iPhone? Ini Solusinya

Kompas.com - 13/04/2014, 17:02 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Aplikasi Facebook di iPhone

KOMPAS.com - Baterai iPhone cepat habis? Pasang aplikasi Facebook untuk iOS? Boleh jadi, aplikasi jejaring sosial itulah biang keroknya.

Hal tersebut diungkapkan oleh seorang mantan pegawai Genius Bar Apple bernama Scott Loveless. Dalam posting blog yang dikutip oleh Forbes, Loveless menuturkan bahwa aplikasi Facebook kerap kali menyedot daya meskipun sedang tidak dipakai.

Penelusuran dengan tool developer Xcode yang bisa memantau program-program akif dan konsumsi sumber daya pada iPhone menyimpulkan aplikasi Facebook seringkali secara tiba-tiba memakai resource dalam jumlah besar.

Pemakaian sumberdaya yang mendadak naik secara berulang-ulang itu tentu menyita tenaga prosesor, yang pada akhirnya memboroskan baterai.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Ternyata cukup dengan dua langkah sederhana, yaitu mematikan Location Services dan Background App Refresh untuk Facebook yang bisa diakses dari menu Settings. Masing- masing terletak di sub menu Privacy dan General.

"Yang terjadi berikutnya cukup luar biasa. Presentase sisa baterai pada ponsel saya naik dari 12 persen menjadi 17 persen," tulis Loveless.

Untuk memastikan lebih lanjut, Loveless mencoba langkah serupa pada sejumlah iPhone lain. Ternyata hasilnya sama.

Ini bukan kali pertama aplikasi Facebook dituding menjadi biang keladi pemborosan baterai pada iPhone. Tahun lalu, developer iOS asal Jerman, Sebastian Duvel, juga pernah menyebutkan bahwa aplikasi Facebook berkali-kali aktif di latar belakang.

Di platform Android, aplikasi Facebook juga telah ketahuan memboroskan baterai. Mematikan layanan Lokasi dan Chat Head di aplikasi utama Facebook dan Facebook Messenger, misalnya, terbukti bisa menaikkan daya tahan perangkat berbasis OS tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Forbes


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.