Kompas.com - 14/04/2014, 08:25 WIB
Ilustrasi sistem operasi iOS7 AppleIlustrasi sistem operasi iOS7
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi sistem operasi iOS 7

KOMPAS.com -- Kehabisan baterai merupakan momok bagi semua pengguna gadget modern, tak terkecuali yang berbasis iOS macam iPhone, iPod, dan iPad.

Nah, untuk perangkat besutan Apple ini, ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk memperpanjang umur baterai, atau paling tidak meminimalisasi penggunaan daya yang tak perlu.

Tips dan trik tersebut dirangkum dalam sebuah posting blog oleh seorang mantan pegawai Genius Bar Apple bernama Scott Loveless.

Sebagai seorang "genius", Loveless terbiasa mengoprek dan berurusan dengan aneka rupa perangkat iOS. Berikut penjabarannya.

1. Matikan Location Services dan Background App Refresh untuk aplikasi Facebook

Langkah pertama ini terdengar sangat spesifik dan menyasar satu aplikasi. Namun, memang itulah yang menjadi akar persoalan.

Loveless menurutkan bahwa aplikasi Facebook di iOS sering kali aktif di layar belakang dan menyita sumber daya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Begitu Location Services dan Background App Refresh Facebook dimatikan, daya tahan baterai pun meningkat. Penjelasan selengkapnya bisa dibaca pada tautan ini.

2. Matikan Background App Refresh untuk aplikasi yang kurang penting

Background App Refresh adalah fitur iOS 7 yang berguna agar aplikasi bisa mendapat update informasi tanpa terlalu menghabiskan daya perangkat.

Namun, tak semua aplikasi ini perlu senantiasa up-to-date. Dalam beberapa kasus—seperti aplikasi Facebook, mematikan Background App Refresh untuk aplikasi tertentu bisa menghemat baterai.

3. Jangan matikan aplikasi saat "multitasking"

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.