Kompas.com - 14/04/2014, 14:31 WIB
Ilustrasi pengguna internet. ShutterstockIlustrasi pengguna internet.
Penulis Aditya Panji
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Pengiriman komputer pribadi (personal computer-PC) ke seluruh dunia pada kuartal pertama 2014 mengalami penurunan, terutama di pasar negara berkembang di tengah tren perangkat mobile yang membuat konsumen cenderung memilih ponsel pintar atau tablet.

Lembaga riset Gartner mencatat, angka penjualan komputer pribadi pada kuartal pertama 2014 menjadi 76,6 juta unit atau turun 1,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, lembaga riset IDC mencatat anga pengiriman komputer pribadi menjadi 73,4 juta unit atau turun 4,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Analis Mikako Kitagawa dari Gartner mengatakan, data tersebut menunjukan tanda-tanda yang membaik atas penjualan komputer pribadi. "Sementara pasar PC masih lemah, meski menunjukkan tanda-tanda membaik dibandingkan tahun lalu," kata Kitagawa.

Ia mencatat, pengiriman komputer pribadi sempat turun 6,9 persen pada kuartal keempat 2013 dan turun 10 persen di sepanjang 2013.

Gartner dan IDC mengatakan, peningkatan penjualan komputer pribadi pada kuartal ini dibantu oleh pembelian unit komputer baru oleh segmen korporasi menjelang berakhirnya dukungan teknis atas sistem operasi Windows XP.

Menurut Gartner, pengiriman komputer pribadi di Amerika Serikat berjumlah 14,1 juta unit, atau naik 2,1 persen dibandingkan tahun lalu. Sementara pengiriman ke kawasan Asia Pasifik hanya 24,9 juta unit atau turun 11 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lenovo masih menjadi produsen komputer pribadi terbesar pada kuartal pertama 2014 dengan pangsa pasar yang naik jadi 17,7 persen, menurut IDC. Hewlett-Packard (HP) berada di peringkat kedua dengan 17,1 persen, lalu diikuti oleh Dell dengan 13,4 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.