Kompas.com - 15/04/2014, 15:12 WIB
Model memamerkan smartphone Android Asus Zenfone di Jakarta, Selasa (15/4/2014). Oik Yusuf/KompasTeknoModel memamerkan smartphone Android Asus Zenfone di Jakarta, Selasa (15/4/2014).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Asus hari ini (15/4/2014) resmi meluncurkan produk smartphone terbarunya di pasaran Indonesia, Zenfone. Ponsel pintar ini terdiri dari tiga model yang antara lain dibedakan berdasar ukuran layar dan spesifikasi, yaitu Zenfone 4, Zenfone 5, dan Zenfone 6.

Ketiga ponsel tersebut dibanderol relatif terjangkau, Rp 1,1 juta untuk Zenfone 4 dengan ukuran layar 4 inci, Rp 2,1 juta untuk Zenfone 5 berlayar 5 inci, dan Rp 3,1 juta untuk Zenfone 6 yang punya layar 6 inci.

Zenfone merupakan seri smartphone pertama dari Asus yang membekali diri dengan prosesor Intel. Model teratas dari seri ini, Zenfone 6, diperkuat prosesor dual-core Intel Atom Z2580 2 GHz, RAM 2 GB, memori internal 8 GB, layar 6 inci dengan resolusi 1280x720, dan kamera 13 MP.

Zenfone 5 menggunakan prosesor Intel Atom Z2560 1,6 GHz sementara Zenfone 4 memiliki prosesor Intel Atom Z2520 1,2 GHz. Keduanya dilengkapi RAM 1 GB dan memori internal 8 GB.

Perbedaan Zenfone 4 dan 5 antara lain terletak di ukuran layar dan kamera, dimana Zenfone 4 mengusung kamera 5 MP dan Zenfone 5 dibekali kamera 8 MP.

Juliana mengatakan bahwa ketiga model Zenfone sudah tersedia di pasaran Indonesia mulai hari Selasa (15/4/2014). Di samping itu, Asus turut meluncurkan dua model tablet, yaitu Fonepad 7 dan Padfone Mini.

Tantang iPhone 5S

Didukung prosesor dual-core Atom dari Intel, Asus cukup percaya diri menyandingkan Zenfone dengan beberapa model ponsel papan atas dari produsen lain, seperti Apple iPhone 5S dan Galaxy S4.

"Dibandingkan iPhone 5S dan Galaxy S5, kamera Zenfone mampu menghasilkan tangkapan gambar lebih bagus," ujar Chairman Asus Jonney Shih ketika berbicara dalam acara peluncuran. Selama presentasi, dia beberapa kali menyebutkan nama iPhone 5S.

Manajer produk dan pemasaran Asus Indonesia Juliane Cen mengatakan bahwa pihaknya memang sengaja ingin menghadirkan kesan premium seperti iPhone namun tetap dengan banderol terjangkau.

"Dengan spesifikasi seperti itu harga jualnya (iPhone) tinggi sekali. Nah, kami buat yang seperti itu namun lebih murah," kata Juliana ketika ditemui di sela-sela acara.

Dibandingkan ponsel Android lain yang sekelas sekalipun, lanjut Juliana, jajaran ponsel Zenfone tetap lebih murah. "Misalnya saja ponsel 5 inci kebanyakan dijual di atas Rp. 4 juta, sementara Zenfone 5 hanya Rp 2 jutaan."

Oik Yusuf/KompasTekno

Chairman Asus Jonney Shih (kiri) berfoto bersama CEO Asus Jerry Shen dalam acara peluncuran Asus Zenfone di Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.